23/09/23

Karena Corona Kita Jadi Tahu Arti Kebersihan

 

KARENA CORONA KITA JADI TAHU ARTI KEBERSIHAN

Oleh: Natasya Febriani

 

Kami menatap sedih ke arah ayah. Ayah besok akan berangkat bekerja sebagai tukang kebersihan di kota Bandung. Sebenarnya kami berat mengizinkan ayah pergi bekerja tapi mau bagaimana lagi, itu sudah menjadi tugas.

“Ayah yakin mau berangkat kerja besok?” tanya ibuku dengan raut wajah khawatir.

“Ayah yakin bu,” ucapnya sambil tersenyum. Senyum yang begitu menenangkan kalbu. Sorot mata yang sedikitpun tak menyiratkan kata menyerah.

“Tapi Yah, saat ini khan lagi musim wabah virus corona?” tanyaku mengingatkan ayahku.

Ayah menoleh ke arahku, lalu mengusap kepalaku pelan.

“Nak, mati itu sudah ditakdirkan oleh Allah” jawabnya mantab.

“Bukannya Ayah ingin melawan maut, tapi bagaimana lagi, ini sudah menjadi kewajiban Ayah. Dan kalau ayah tidak bekerja, kita mau makan apa?” tanyanya.

Aku terdiam.

“Kalau Ayah tidak berangkat bekerja, nanti bumi kita tambah kotor, tambah tidak sehat” ucapnya kembali.

Aku yang mendengarnya merasa terharu. Aku sangat bangga mempunyai super hero seperti ayah.

“Kamu di sini juga harus membantu negara,” ucap ayah.

“Bagaimana caranya?” tanyaku

“Dengan cara menjaga kebersihan, contohnya. Jangan membuang sampah sembarangan. Mulailah dalam hal-hal kecil seperti itu. Kita mencegahnya bukan hanya memakai masker, tapi juga harus menjaga kebersihkan lingkungan kita. Percuma saja kita rajin pakai masker dan cuci tangan pakai sabun tapi lingkungan kita masih kotor, kumuh, sampah berserakan. Mulailah dari langkah kecil,” nasehat ayah.

Aku yang mendengarnya menyadari, bahwa menjaga kebersihan itu amatlah penting. Aku memeluk ayahku erat. Aku selalu bangga dengan ayahku.

Kebersihan bukan hanya dengan cuci tangan, tapi juga dari langkah-langkah kecil. Ayo bantu negara dengan melakukan langkah-langkah kecil yang dapat mencegah penyebaran atau penularan virus covid-19. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan dijauhkan dari bahaya.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Doa-Doa yang Utama Dibaca Sesudah Shalat

  DOA-DOA YANG UTAMA DIBACA SESUDAH SHALAT   الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ   حَمْداً يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَه...