11/09/23

Berfikir Kritis

 

BERFIKIR KRITIS

Oleh: Ledy Melati Ghaitsa Tsuraya

 


Masa remaja awal adalah fase dimana kita       masih labil dalam berfikir secara kritis dan mengambil suatu keputusan, padahal berpikir kritis sangat penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri dengan pikiran kita sendiri.

Xella, seorang siswa yang cukup aktif di kelasnya. Kebiasaannya suka bermusyawarah, entah itu saat di kelas maupun di organisasi, tak kenal tempat. Xella sering dipanggil oleh gurunya, bukan karena  Xella membuat masalah tetapi untuk memecahkan suatu masalah. Xella bukan anak yang suka menelan mentah-mentah informasi tanpa mencernanya terlebih dahulu dalam pikiran. Xella tidak hanya berpikir benar tetapi juga kritis.

Suatu ketika, Zola sahabatnya bertanya               kepada Xella.

“Xel, kok kamu bisa sich memecahkan suatu masalah hanya dengan berpikir?”

“Saat masih kecil aku tak suka membaca, aku lebih suka bermain. Semakin bertambah usiaku, aku mulai suka mendengarkan motivasi dari para motivator yang ada di internet. Dengan banyak mendengarkan motivasi tersebut membuat pikiranku terbuka. Aku mulai suka membaca  buku, entah itu buku self improfment atau buku pengetahuan. Aku juga mulai aktif dalam organisasi di sekolahku. Dari sinilah aku tidak hanya sebatas tahu namun aku juga mempraktekanya dalam aktifitas sehari hari. Aku juga mengisi waktu luangku dengan menulis, ya… menulis. Menulis tentang apa saja, bisa cerpen, puisi, atau opini.

“Lalu apa yang membuatmu bisa berpikir kritis dengan itu semua?” Tanya Zola masih juga penasaran.

“Dengan itu semua aku mendapatkan banyak pengetahuan tentang contoh berpikir kritis. Aku menuangkan semua pengetahuanku dalam pikiranku meskipun tidak dalam semua situasi aku selalu berpikir kritis, tetapi saat aku dihadapkan dengan sesuatu yang mendorong aku untuk berpikir kritis aku  akan melakukannya.” Jawab Xella.

“Terima kasih Xella, kau telah mengajari aku tentang banyak hal”

“Sama-sama Zola. Jawab Xella.

Seringnya kita berpikir kritis secara otomatis akan dapat meminimalisir kesalahan dalam mengambil keputusan. Itulah pentingnya berpikir kritis  karena pikiranlah yang menentukan kita untuk melakukan sesuatu. Seringnya kita melakukan sesuatu itu akan menjadi suatu   kebiasaan. Dan suatu saat nanti pastilah kebiasaan berfikir kritis ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Doa-Doa yang Utama Dibaca Sesudah Shalat

  DOA-DOA YANG UTAMA DIBACA SESUDAH SHALAT   الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ   حَمْداً يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَه...