01/09/23

Ada Apa di Milad Matsanepat Ke-55?

 

ADA APA DI MILAD MATSANEPAT KE-55?

 


Milad, maulud atau maulid adalah kata serumpun yang berarti hari kelahiran. Ada kata yang semakna dan sering juga digunakan di lembaga pendidikan termasuk kampus-kampus yang juga bermakna hari kelahiran yakni kata natal atau natalis.  

MTsN 4 Trenggalek yang juga populer dengan sebutan Matsanepat, tahun 2023 ini telah memasuki usia ke-55 tahun. Matsanepat sendiri berdiri secara resmi pada tanggal 1 April 1968. Peringatan milad MTsN 4 (Matsanepat) Trenggalek tahun ini ditandai dengan berbagai kegiatan sebagai berikut:

1.       Parenting.

Parenting adalah kegiatan sosialisasi tentang pola asuh orang tua terhadap anaknya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis (9 Februari 2023). Mengingat keterbatasn tempat, kegiatan parenting ini hanya dikhususkan bagi semua siswa kelas VII beserta orang tuanya, ditambah perwakilan siswa kelas VIII dan kelas IX beserta orang tuanya.

Pada acara tersebut dihadirkan 2 nara sumber kondang yakni Oktastika Badai Nirmala, S.Psi, C.Ht. dari Surabaya dan Novita Hardini M. Nur Arifin (istri bupati Trenggalek yang juga bunda PAUD Kabupaten Trenggalek).

2.      PORSENI MI se-Kecamatan Watulimo.

Pekan olah raga dan seni (PORSENI) dari lembaga Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Watulimo ini sebenarnya sudah menjadi agenda rutin bagi MI baik swasta maupun negeri di Kecamatan Watulimo. Namun pada tahun 2023 ini, PORSENI tingkat MI tersebut difasilitas oleh MTsN 4 Trenggalek secara totalitas. Acara PORSENI diselenggarakan secara serentak pada hari Sabtu tanggal 11 Februari 2023. PORSENI diikuti oleh kontingen dari 20 Madrasah Ibtidaiyah negeri dan swasta yang berada di wilayah Kecamatan Watulimo.

3.      Lomba Mewarnai Tingkat PAUD, TK/RA/BA/TA.

Lomba mewarnai diikuti lebih dari 300 peserta siswa PAUD, TK/RA/BA/TA di wilayah Kecamatan Watulimo. Lomba mewarnai diselenggarakan pada hari Ahad (12 Februari 2023). Kegiatan ini diselenggarakan di halaman madrasah dengan lesehan di bawah terop megah yang disediakan oleh panitia. Hadiah yang diberikan pada lomba mewarnai ini juga cukup besar untuk lomba tingkat kecamatan. Selain trophy, piagam penghargaan, dan majalah Sketsa, juga uang pembinaan untuk para juara.

4.      Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW.

Peringatan ini ditandai dengan kegiatan istighotsah/do’a bersama dan tausiyah yang disampaikan oleh Pengawas PPAI kec. Watulimo, Bpk. H. Moh. Adib Mustofa, M.Pd.I. Seluruh warga madrasah, mulai guru, pegawai dan seluruh siswa khusyu’ dan khidmat dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 17 Februari 2023 ini.

5.      Lomba Adzan, Iqomah dan Tartil

Lomba ini diikuti khusus bagi siswa/wi kelas IV, V dan VI SD/MI se kecamatan Watulimo.

Dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Februari 2023 yang bertepatan dengan Peringatan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW. Peserta lomba Adzan & Iqomah diikuti 81 siswa dari kelas IV, V dan VI SD/MI se kecamatan Watulimo. Lomba Tartil diikuti 90 siswa putra dan putri. Bagi juara disediakan hadiah berupa trophy dan uang pembinaan.

6.      Olimpiade MIBA-PAI

Olimpiade ini memperlombakan mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Inggris serta Pendidikan Agama Islam. Ada 438 peserta yang ikut dalam olimpiade ini. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Ahad, 26 Februari 2023. Sebelum pengumuman juara ditampilkan beberapa pentas seni yang diperankan oleh siswa-siswi MTsN 4 Trenggalek.

7.      Istighotsah dan Megengan Akbar

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka berdo’a dan bersyukur kepada Allah swt. karena MTs Negeri 4 Trenggalek hingga saat ini bisa bertahan dan bisa meningkatkan kualitasnya baik bidang akademik maupun non akademik. Di samping itu juga bersyukur karena selaku kaum muslimin masih akan dipertemukan lagi dengan bulan suci Ramadhan. Diselenggarakan pada hari Selasa 21 Maret 2023. Hadir dalam kegiatan istighotsah ini segenap Pengurus Komite Madrasah dan seluruh civitas akademika MTsN 4 Trenggalek.

8.     Khotmil Qur’an

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati nuzulul qur’an. Dengan melibatkan seluruh warga madrasah bisa mengkhatamkan 17 kali. Bertepatan dengan 17 Ramadhan 1444 H.

9.      Jalan sehat

Jalan sehat ini diselenggarakan sebagai penutup dari seluruh rangkaian kegiatan Milad MTsN 4 Trenggalek. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu 20 Mei 2023 dengan melibatkan seluruh siswa dan wali siswa. Setelah tiba di finish para peserta jalan sehat dihibur dengan hiburan yang ditampilkan oleh para siswa Matsanep4t. Juga dibagikan berbagai doorprize kepada para peserta.

Itulah beberapa rangkaian kegiatan Milad ke 55 di MTsN 4 Trenggalek tahun 2023. Semoga dengan dilaksanakan Milad ini bisa menjadi tambahan energi dan semangat untuk terus berkhidmah melanjutkan perjuangan para pendahulu, sehingga MTsN 4 Trenggalek terus maju dan jaya demi mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat dan Mandiri, Berprestasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Doa-Doa yang Utama Dibaca Sesudah Shalat

  DOA-DOA YANG UTAMA DIBACA SESUDAH SHALAT   الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ   حَمْداً يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَه...