17/08/21

Pembagian Pekan Efektif Semester Ganjil Kelas 9

 

PEMBAGIAN PEKAN SEMESTER GASAL

 

Mata Pelajaran                : Al Qur’an Hadits

Satuan Pendidikan          : MTsN 4 Trenggalek

Kelas                               : IX (Sembilan)

Tahun Pelajaran              : 2021/2022

 

A.  Perhitungan Alokasi Waktu

1.       Banyaknya pekan dalam semester

No.

Nama Bulan

Banyaknya Pekan

Pekan Efektif

Pekan Tidak Efektif

Keterangan

1.

2.

3.

4.

5.

6.

Juli

Agustus

September

Oktober

Nopember

Desember

5

4

5

4

4

5

3

4

5

4

4

3

2

0

0

0

0

        2         

LS 2 TP 2020/2021

Libur hari raya

 

 

 

LS 1 TP 2021/2022

 

J u m l a h

27

23

4

 

 

2.  Banyaknya Jam Pelajaran Efektif

23     Pekan x 2 Jam Pelajaran                   =          46         Jam Pelajaran

 

A.      Distribusi Alokasi Waktu

1.       Kompetensi Inti (KI 1):

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya .

2.       Kompetensi Inti (KI 2):

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.       Kompetensi Inti (KI 3):

Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4.       Kompetensi Inti (KI 4):

Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

No.

Kompetensi Dasar dan Indikator

Alokasi Waktu

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 3.1.   Memahami ketentuan hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, mad lazim mutsaqqal harfi, dan mad lazim mukhaffaf harfi

3.1.1. Menjelaskan ketentuan     hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, mad lazim mutsaqqal harfi, dan mad lazim mukhaffaf harfi

3.1.2. Mendiskusikan  hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, mad lazim mutsaqqal harfi, dan mad lazim mukhaffaf harfi

3.1.3. Mengidentifikasi   hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, mad lazim mutsaqqal harfi, dan mad lazim mukhaffaf harfi

3.1.4. Menyimpulkan cara membaca  hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, mad lazim mutsaqqal harfi, dan mad lazim mukhaffaf harfi

3.1.5. Merangkum ketentuan    hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, mad lazim mutsaqqal harfi, dan mad lazim mukhaffaf harfi Mempraktikkan hukum bacaan mad silah, mad badal, mad tamkin dan mad farqi dalam QS al Qari’ah dan QS az Zalzalah dan pada surah-surah pendek pilihan

6 jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



 

2.

 

 

 

4.1.  Mempraktikkan hukum bacaaan mad lazim mukhaffaf kilmi, mad lazim mutsaqal kilmi, mad lazim mukhaffaf harfi, dan mad lazim mutsaqal harfi dalam Al Qur’an

4.1.1  Mendemonstrasikan bacaaan mad lazim mukhaffaf kilmi, mad lazim mutsaqal kilmi, mad lazim mukhaffaf harfi, dan mad lazim mutsaqal harfi dalam Al Qur’an

2 jp

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.2.  Memahami isi kandungan Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 tentang jujur dalam muamalah

3.2.1.  Mengidentifikasi  isi kandungan   Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 tentang jujur dalam muamalah

3.2.2.  Menjelaskan isi kandungan   Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 tentang jujur dalam muamalah

3.2.3.  Mendiskusikan isi kandungan  Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 tentang jujur dalam muamalah

3.2.4.  Menyimpulkan isi kandungan  Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 tentang jujur dalam muamalah

3.2.5.  Merangkum  isi kandungan Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 tentang jujur dalam muamalah

8 jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

4.2.1.  Mendemonstrasikan hafalan QS al Muthaffifin (83): 1-17, QS al An’am (6): 152

4.2.2. Mengomunikasikan keterkaitan hasil analisis dampak positif jujur dalam muamalah sesuaipemahaman QS al Muthaffifin (83): 1-17, QS al An’am (6): 152 dengan fenomena sosial

2 jp

2 jp

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3.  Menganalisis isi kandungan hadis riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَامَعْشَرَ اْلتُجَّاراِنَّكُمْ قَدْ وَلَّيْتُمْ اَمْرًاهَلَكَتْ فِيْهِ اْلاُمَمُ السَائِقُةُ اْلمِكْيَالُ وَاْلمِيْزَانُ (رواه البيهاقى) dan hadits riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali عَنْ حَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ قَالَ حَفِظْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَعْ مَايَرِيْبُكَ اِلَى مَا لَايَرِيْبُكَ فَاِنَّ اْلصِدْقَ طُمَأْنِيْنَةٌ وَاِنَّ اْلكَذِبَ رِيْبَةٌ (رواه الترمذى) tentang jujur dalam muamalah

3.3.1     Mengidentifikasi  isi kandungan   hadist riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَامَعْشَرَ اْلتُجَّاراِنَّكُمْ قَدْ وَلَّيْتُمْ اَمْرًاهَلَكَتْ فِيْهِ اْلاُمَمُ السَائِقُةُ اْلمِكْيَالُ وَاْلمِيْزَانُ (رواه البيهاقى) dan hadits riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali عَنْ حَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ قَالَ حَفِظْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَعْ مَايَرِيْبُكَ اِلَى مَا لَايَرِيْبُكَ فَاِنَّ اْلصِدْقَ طُمَأْنِيْنَةٌ وَاِنَّ اْلكَذِبَ رِيْبَةٌ (رواه الترمذى) tentang jujur dalam muamalah.

3.3.2     Menyimpulkan isi kandungan  hadis riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَامَعْشَرَ اْلتُجَّاراِنَّكُمْ قَدْ وَلَّيْتُمْ اَمْرًاهَلَكَتْ فِيْهِ اْلاُمَمُ السَائِقُةُ اْلمِكْيَالُ وَاْلمِيْزَانُ (رواه البيهاقى) dan hadits riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali عَنْ حَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ قَالَ حَفِظْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَعْ مَايَرِيْبُكَ اِلَى مَا لَايَرِيْبُكَ فَاِنَّ اْلصِدْقَ طُمَأْنِيْنَةٌ وَاِنَّ اْلكَذِبَ رِيْبَةٌ (رواه الترمذى) tentang jujur dalam muamalah.

3.3.3     Merangkum  isi kandungan hadis riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَامَعْشَرَ اْلتُجَّاراِنَّكُمْ قَدْ وَلَّيْتُمْ اَمْرًاهَلَكَتْ فِيْهِ اْلاُمَمُ السَائِقُةُ اْلمِكْيَالُ وَاْلمِيْزَانُ (رواه البيهاقى) dan hadits riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali عَنْ حَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ قَالَ حَفِظْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَعْ مَايَرِيْبُكَ اِلَى مَا لَايَرِيْبُكَ فَاِنَّ اْلصِدْقَ طُمَأْنِيْنَةٌ وَاِنَّ اْلكَذِبَ رِيْبَةٌ (رواه الترمذى) tentang jujur dalam muamalah.

8 jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.

4.3.  Mengomunikasikan hasil analisis hadis riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas dan hadis riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali tentang jujur dalam muamalah

4.3.1. Membuat teks pidato tentang isi kandungan hadis riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas dan hadis riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali tentang jujur dalam muamalah

2 jp

 

 

Penilaian Harian

Penilaian Tengah Semester

Penilaian Akhir Semester

Cadangan

6 jp

2 jp

2 jp

6 jp

 

 

J u m l a h

46 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala MTsN 4 Trenggalek

 

 

Drs. H. Agung Wiyoto, M.M.Pd

NIP. 196309271988031010

 

 

 

 

 

 

 

 

Trenggalek, 12 Juli 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

Nanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.I

NIP. 197102272007101001






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Doa-Doa yang Utama Dibaca Sesudah Shalat

  DOA-DOA YANG UTAMA DIBACA SESUDAH SHALAT   الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ   حَمْداً يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَه...