14/08/21

Penilaian Harian 1 Al Qur'an Hadits Kelas 8 Semester Ganjil

 

PENILAIAN HARIAN 1

 

Mata Pelajaran            : Al Qur’an Hadits

Kelas/Semeseter         : VIII/Ganjil

 

Awali dengan membaca basmalah!

Pilihlah satu jawaban paling tepat!

 

1.   Pengertian mad ‘iwad bisa ditinjau dari sisi bahasa dan istilah.  Menurut bahasa mad berarti panjang dan ‘iwad berarti....

a.       berpisah                            

b.       berganti

c.       bersatu

d.       bergabung

2.   Hukum bacaan disebut mad layyin jika ada huruf mad yaitu wawu (و ) atau ya (ي) yang berharakat sukun dan huruf sebelumnya berharakat....

a.       fathah

b.       dhammah

c.       kasrah                                          

d.       sukun

3.   Ayat Al Qur’an yang mengandung bacaan mad ‘aridl lissukun yang paling afdhal (utama) dibaca sepanjang....

a.       2 harakat

b.       4 harakat

c.       5 harakat   

d.       6 harakat

4.       وَرَاَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُوْنَ فِيْ دِيْنِ اللهِ اَفْوَاجًا

Lafal yang bergaris bawah pada ayat 2 surat an Nasr di atas adalah....

a.       mad thabi’i

b.       mad ‘aridl lissukun

c.       mad ‘iwad

d.       mad layyin

5.       الَّذِى اَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ وَاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ

Pada ayat 4 surat Quraisy di atas, lafadz yang mengandung bacaan mad layyin adalah....

a.       اَطْعَمَهُمْ.

b.       جُوْعٍ.

c.       مَنَهُمْ.

d.       خَوْفٍ

6.   Mad ‘aridl lissukun adalah bacaan panjang yang terjadi di akhir ayat atau karena ada tanda waqaf. Contoh bacaan mad ‘aridl lissukun yang benar adalah...

e.       . مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ           

f.         . صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ         

g.       . لِاِيْلٰفِ قُرَيْسٍ 

h.       . اِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا

7.    اِيْلٰفِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَآءِ وَالصَّيْفِ

Lafal yang bergaris bawah pada ayat 4 surat Quraisy di atas paling utama dibaca sepanjang....

a.       1 alif

b.       2 alif

c.       3 alif

d.       4 alif

8.   Ketika membaca Al Qur’an dan kita menjumpai ayat yang berbunyi  عَذَابًااَلِيْمًا   maka bunyi fathah tanwin pada lafal اَلِيْمًا kita baca dengan cara....

a.    fathah tanwin diganti fathah dan dipanjangkan 2 harakat  

b.    fathah tanwin diganti fathah tapi tidak dibaca panjang

c.     fathah tanwin tetap dibaca dan dipanjangkan 2 harakat    

d.    fathah tanwin tetap dibaca dan tidak dibaca panjang

9.       Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1.    Memiliki huruf yang sama yaitu ا، و، ي

2.    Berada pada akhir ayat atau ketika ada tanda waqaf

3.    Bisa dibaca sepanjang 2 harakat, 4 harakat, atau 6 harakat

4.    Bisa dibaca dengan cara qasr, tawassuth, atau tuul

5.    Didahului huruf berharakat fathah, kasrah, atau dhammah

Pernyataan-pernyataan tersebut yang mendeskripsikan persamaan dari mad layyin dengan mad ‘aridl lissukun adalah....

a.    nomor 1, 2, dan 3

b.    nomor 2, 3, dan 4

c.     nomor 3, 4, dan 5

d.    nomor 1, 3, dan 5

10.     Perhatikan tabel berikut!

1

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ

2

وَيَمْنَعُوْنَ اْلمَاعُوْنَ

3

فَلْيَعْبُدُوْارَبَّ هٰذَالْبَيْتِ

4

اِنَّ مَعَ اْلعُسْرِيُسْرًا

5

اَرَءَيتَ الَّذِيْ يُكَذِّبُ بِالدِّيْنِ

Dari beberapa ayat Al Qur’an dalam tabel di atas yang mengandung hukum bacaan mad ‘aridl lissukun ialah....

a.       nomor 1, 2, dan 3

b.       nomor 1, 2, dan 4

c.       nomor 1, 2, dan 5

d.       nomor 2, 3, dan 5

 

Akhiri dengan membaca hamdalah!

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arti Lafal Surat Al Baqarah ayat 254

  SURAT AL BAQARAH AYAT 254   يٰٓاَيُّهَا   wahai فِيْهِ di dalamnya الَّذِيْنَ ...