04/08/21

Memaksimalkan Pembelajaran Daring Melalui E-Learning Madrasah

MEMAKSIMALKAN PEMBELAJARAN DARING

MELALUI E-LEARNING MADRASAH

 


 

Pandemi Covid-19 membuat segala sendi kehidupan yang ada di dunia ini menjadi kacau-balau, termasuk di dunia pendidikan. Banyak program yang telah direncanakan harus ditata ulang agar tetap bisa berjalan sesuai kondisi darurat akibat pandemi Covid-19. Sekolah tidak lagi melaksanakan kegiatan pembelajaran secara tatap muka atau pembelajaran secara luring (luar jaringan), namun harus melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh secara online atau dalam istilah sekarang disebut daring (dalam jaringan).

Di Kementerian Agama, dalam rangka memfasilitasi pembelajaran daring tersebut,  Direktorat Kurikulum Sarana Prasarana Kesiswaan dan Kelembagaan (KSKK) Madrasah menyiapkan dan memberlakukan aplikasi E-Learning Madrasah melalui surat edaran B-744/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/04/2020, tertanggal 03 April 2020 tentang Pemanfaatan e-learning Madrasah. Penerapan e-learning madrasah ini bertujuan untuk memudahkan guru dan siswa melakukan interaksi dalam kegiatan pembelajaran secara daring

 


Aplikasi e-learning sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran yakni Forum Madrasah, Timeline Kelas, Video Converence, Standar Kompetensi (KI/KD), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Rencana Pembelajaran, Bahan Ajar, Data Siswa Tergabung, Absensi Kelas, Jurnal Guru, Computer Basid Test (CBT), Penilaian Pengetahuan (KI3), Penilaian Keterampilan (KI4), Penilaian Akhir Semester, Rekap Nilai Rapor, Monitoring Aktifitas Siswa, Kalender Kelas, Pengaturan Kelas, dan Hapus Kelas.

Sejak diterimanya surat edaran Direktur KSKK tersebut, MTsN 4 Trenggalek berusaha menerapkan e-learning madrasah dalam pembelajaran secara daring. Meskipun pada awalnya belum semua guru dan siswa menggunakan aplikasi e-learning madrasah, namun secara bertahap para guru dan siswa dengan penuh semangat mulai membuka aplikasi e-learning madrasah tersebut. Sosialisasi kepada guru dan siswa juga terus dilakukan untuk mengenalkan fitur atau konten yang ada di dalam aplikasi e-learning madrasah serta memaksimalkan pemanfaatannya.

Aplikasi e-learning madrasah ini dapat diakses melalui laptop/komputer PC, android maupun smartphone. Untuk dapat mengakses e-learning MTsN 4 Trenggalek, bisa melalui dua jalur yakni melalui link web madrasah di  www.mtsnegeri4trenggalek.sch.id. Atau bisa juga langsung buka link learningmtsn4trenggalek.web.id. Selanjutnya guru atau siswa harus memasukkan username dan password pada kolom yang tersedia. Username dan password diterbitkan oleh admin/operator e-learning dengan menggunakan NUPTK bagi guru dan NISN bagi siswa.

Pengguna atau user aplikasi e-learning madrasah ini dibedakan menjadi 5 kelompok, yaitu:

1.    Eksekutif, meliputi Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah dan Wakil Kepala Madrasah.

2.   Guru, yakni seluruh guru yang mengajar di MTsN 4 Trenggalek (35 guru).

3.   Siswa, yakni semua siswa MTsN 4 Trenggalek (683 siswa).

4.   Wali Kelas, yang ikut memantau keaktifan para siswa di kelasnya dalam e-learning madrasah (22 Wali Kelas).

5.   Guru BK, ikut mengawasi dan memonitoring kegiatan siswa di e-learning madrasah (3 guru BK).

Dengan diterapkannya aplikasi e-learning madrasah pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di MTsN 4 Trenggalek, maka kegiatan pembelajaran secara daring sudah bisa dilakukan dengan baik, meskipun masih mengalami berbagai kendala dan hambatan. Madrasah terus berupaya untuk memaksimalkan penggunaan e-learning madrasah bagi guru dan siswa agar program yang telah dicanangkan oleh Direktorat KSKK Kementerian Agama ini benar-benar dapat memberikan manfaat bagi kemajuan madrasah.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Doa-Doa yang Utama Dibaca Sesudah Shalat

  DOA-DOA YANG UTAMA DIBACA SESUDAH SHALAT   الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ   حَمْداً يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَه...