RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendididkan : MTsN 4 Trenggalek
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadis
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Materi Pokok : Hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi dan mad lazim
mutsaqal kilmi
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (Pertemuan 1)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pembelajaran lewat group whatsapp dan elearning madrasah, peserta didik dapat: 1. Menjelaskan ketentuan hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi dan mad lazim mutsaqal kilmi 2. Mengidentifikasi hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi dan mad lazim mutsaqal kilmi 3. Menyimpulkan cara membaca hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi dan mad lazim mutsaqal kilmi 4. Merangkum ketentuan hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi dan mad lazim mutsaqal kilmi |
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Pendahuluan |
1. Guru menyapa peserta didik lewat WAG dengan ucapan salam (PPK religius)2. Peserta didik diingatkan untuk mengucapkan do’a/membaca basmalah sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran (PPK religius) 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui WAG 4. Guru memberikan motivasi tentang pentingnya mengikuti pembelajaran daring 5. Peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran lewat elearning madrasah |
Inti |
1. Peserta didik login di mtsn4trenggalek.sytes.net:8094 dan mengisi daftar hadir2. Peserta didik mendownload materi pembelajaran di e-learing3. Peserta didik membaca/mempelajari materi yang telah didownload (literasi)4. Peserta didik berdiskusi secara daring melalui Timeline kelas (collaborative)5. Peserta didik memberikan tanggapan/pendapat di Timeline kelas (critical thinking) |
Penutup |
1. Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi peserta didik2. Guru memberikan penilaian secara daring3. Guru memberikan tugas tindak lanjut kepada peserta didik untuk meresume materi yang sudah dipelajari (creative)4. Guru bersama-sama peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan ucapan salam (PPK religius) |
A. PENILAIAN
Penilaian sikap |
Observasi (ketertiban mengisi daftar hadir dan mengumpulkan tugas)Penilaian diri dan antar teman (kebiasaan berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran) |
Penilaian pengetahuan |
Tes tulis (soal pilhan ganda)Penugasan (resume materi pembelajaran) |
Penilaian keterampilan |
Keterampilan menyampaikan pendapat dalam diskusi online |
MengetahuiKepala MTsN 4 TrenggalekDrs. H. Agung Wiyoto, M.M.PdNIP. 196309271988031010 |
Trenggalek, 12 Juli 2021Guru Mata PelajaranNanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.INIP. 197102272007101001 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendididkan : MTsN 4 Trenggalek
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadis
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Materi Pokok : Hukum bacaan mad lazim mukhaffaf harfi dan mad lazim
mutsaqal harfi
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (Pertemuan 2)
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pembelajaran daring lewat group whatsapp dan elearning madrasah, peserta didik dapat: 1. Menjelaskan ketentuan hukum bacaan mad lazim mukhaffaf harfi dan mad lazim mutsaqal harfi 2. Mengidentifikasi hukum bacaan mad lazim mukhaffaf harfi dan mad lazim mutsaqal harfi 3. Menyimpulkan cara membaca hukum bacaan mad lazim mukhaffaf harfi dan mad lazim mutsaqal harfi 4. Merangkum ketentuan hukum bacaan mad lazim mukhaffaf harfi dan mad lazim mutsaqal harfi |
C. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Pendahuluan |
6. Guru menyapa peserta didik lewat WAG dengan ucapan salam (PPK religius)7. Peserta didik diingatkan untuk mengucapkan do’a/membaca basmalah sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran (PPK religius) 8. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui WAG 9. Guru memberikan motivasi tentang pentingnya mengikuti pembelajaran daring 10. Peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran lewat elearning madrasah |
Inti |
6. Peserta didik login di mtsn4trenggalek.sytes.net:8094 dan mengisi daftar hadir7. Peserta didik mendownload materi pembelajaran di e-learing8. Peserta didik membaca/mempelajari materi yang telah didownload (literasi)9. Peserta didik berdiskusi secara daring melalui Timeline kelas (collaborative)10. Peserta didik memberikan tanggapan/pendapat di Timeline kelas (critical thinking) |
Penutup |
5. Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi peserta didik6. Guru memberikan penilaian secara daring7. Guru memberikan tugas tindak lanjut kepada peserta didik untuk meresume materi yang sudah dipelajari (creative)8. Guru bersama-sama peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan ucapan salam (PPK religius) |
D. PENILAIAN
Penilaian sikap |
Observasi (ketertiban mengisi daftar hadir dan mengumpulkan tugas)Penilaian diri dan antar teman (kebiasaan berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran) |
|
Penilaian pengetahuan |
Tes tulis (soal pilhan ganda)Penugasan (resume materi pembelajaran) |
|
Penilaian keterampilan |
Keterampilan menyampaikan pendapat dalam diskusi online |
|
MengetahuiKepala MTsN 4 TrenggalekDrs. H. Agung Wiyoto, M.M.PdNIP. 196309271988031010 |
Trenggalek, 12 Juli 2021Guru Mata PelajaranNanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.INIP. 197102272007101001 |
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendididkan : MTsN 4 Trenggalek
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadis
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Materi Pokok : Hukum bacaan mad lazim mukhaffaf harfi dan mad lazim
mutsaqal harfi
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (Pertemuan 3)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pembelajaran daring lewat group whatsapp dan elearning madrasah, peserta didik dapat: 1. Mendemonstrasikan hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi dan mad lazim mutsaqal kilmi 2. Mendemonstrasikan hukum bacaan mad lazim mukhaffaf harfi dan mad lazim mutsaqal harfi |
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Pendahuluan |
1. Guru menyapa peserta didik lewat WAG dengan ucapan salam (PPK religius)2. Peserta didik diingatkan untuk mengucapkan do’a/membaca basmalah sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran (PPK religius) 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui WAG 4. Appersepsi |
Inti |
1. Guru memberikan contoh bacaan ayat-ayat Al Qur’an yang mengandung hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi, mad lazim mutsaqal kilmi, mad lazim mukhaffaf harfi, dan mad lazim mutsaqal harfi lewat WAG2. Peserta didik menyimak bacaan guru lewat WAG3. Peserta didik bertanya tentang bacaan guru (critical thinking)4. Peserta didik belajar membaca ayat Al Qur’an yang telah dibacakan guru (literasi)5. Guru menunjuk beberapa siswa untuk memperdengarkan bacaannya lewat WAG6. Peserta didik lain memberikan komentar (collaborative)7. Peserta didik merekam bacaannya dan mengirimkannya lewat WAG (creative)8. Guru memberikan penguatan/masukan terhadap bacaan peserta didik |
Penutup |
1. Guru memberikan penilaian secara daring2. Guru memberikan tugas tindak lanjut kepada peserta didik untuk belajar membaca ayat-ayat dalam Al Quran yang mengandung bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi, mad lazim mutsaqal kilmi, mad lazim mukhaffaf harfi, dan mad lazim mutsaqal harfi (literasi)3. Guru bersama-sama peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan ucapan salam (PPK religius) |
A. PENILAIAN
Penilaian sikap |
Observasi (ketertiban mengisi daftar hadir dan mengerjakan tugas)Penilaian diri dan antar teman (kebiasaan membaca Al Qur’an di rumah) |
|
Penilaian pengetahuan |
- |
|
Penilaian keterampilan |
Praktik membaca Al Qur’an yang mengandung mad lazim |
|
MengetahuiKepala MTsN 4 TrenggalekDrs. H. Agung Wiyoto, M.M.PdNIP. 196309271988031010 |
Trenggalek, 12 Juli 2021Guru Mata PelajaranNanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.INIP. 197102272007101001 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar