18/08/21

RPP Kelas 9 Materi 3

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendididkan                   : MTsN 4 Trenggalek

Mata Pelajaran                         : Al Qur’an Hadis

Kelas/Semester                         : IX/Ganjil

Materi Pokok                             : Hadits tentang jujur dalam muamalah

Alokasi Waktu                           : 2 x 40 Menit (Pertemuan 7)

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui pembelajaran lewat group whatsapp dan elearning madrasah, peserta didik dapat:

1.       Mengidentifikasi  isi kandungan hadist riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas dan hadits riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali tentang jujur dalam muamalah.

2.       Menyimpulkan isi kandungan hadist riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas dan hadits riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali tentang jujur dalam muamalah.

3.       Merangkum isi kandungan hadist riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas dan hadits riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali tentang jujur dalam muamalah.

 

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan

1.       Guru menyapa peserta didik lewat WAG dengan ucapan salam (PPK religius)

2.       Peserta didik diingatkan untuk mengucapkan do’a/membaca basmalah sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran (PPK religius)

3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui WAG

4.       Guru memberikan motivasi tentang pentingnya mengikuti pembelajaran daring

5.       Peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran lewat elearning madrasah

Inti

1.       Peserta didik login di mtsn4trenggalek.sytes.net:8094 dan mengisi daftar hadir

2.       Peserta didik mendownload materi pembelajaran isi kandungan hadist tentang jujur dalam muamalah yang telah diunggah oleh guru di e-learing (creative)

3.       Peserta didik membaca/mempelajari materi yang telah didownload (literasi)

4.       Peserta didik menyampaikan pertanyaan di Timeline Kelas (critical thinking)

Penutup

1.       Guru memberikan tanggapan di Timeline Kelas

2.       Guru memberikan tugas tindak lanjut kepada peserta didik untuk membuat resume materi isi kandungan hadist (creative)

3.       Guru bersama-sama peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan ucapan salam (PPK religius)

 

A.      PENILAIAN

Penilaian sikap

Observasi ketertiban mengisi daftar hadir)

Penilaian pengetahuan

Tes tulis (soal pilhan ganda)

Penilaian keterampilan

Keterampilan menyampaikan pertanyaan/pernyataan secara online

 

 

Mengetahui

Kepala MTsN 4 Trenggalek

 

 

Drs. H. Agung Wiyoto, M.M.Pd

NIP. 196309271988031010

 

Trenggalek, 12 Juli 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

Nanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.I

NIP. 197102272007101001

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendididkan                   : MTsN 4 Trenggalek

Mata Pelajaran                         : Al-Qur’an Hadis

Kelas/Semester                         : IX/Ganjil

Materi Pokok                             : Hadits tentang jujur dalam muamalah

Alokasi Waktu                           : 2 x 40 Menit (Pertemuan 8)

 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui pembelajaran daring lewat group whatsapp dan elearning madrasah, peserta didik dapat membuat teks pidato tentang isi kandungan hadis riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas dan hadis riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali tentang jujur dalam muamalah

 

B.      KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan

1.       Guru menyapa peserta didik lewat WAG dengan ucapan salam (PPK religius)

2.       Peserta didik diingatkan untuk mengucapkan do’a/membaca basmalah sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran (PPK religius)

3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui WAG

Inti

1.       Guru memberikan pokok-pokok pidato tentang isi hadits riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas dan hadis riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali tentang jujur dalam muamalah.

2.       Peserta didik mengadakan diskusi online tentang teks pidato yang akan disusun (collaborative)

3.       Guru memberikan penguatan/masukan terhadap hasil diskusi peserta didik

Penutup

1.       Guru memberikan tugas membuat teks pidato tentang isi hadits riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas dan hadis riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali tentang jujur dalam muamalah dan mengirimkan lewat WAG (creative)

2.       Guru bersama-sama peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan ucapan salam (PPK religius)

 

C.      PENILAIAN

Penilaian sikap

 

Observasi (ketertiban mengisi daftar hadir, kesungguhan dalam mengerjakan tugas)

Penilaian pengetahuan

-

Penilaian keterampilan

Praktik membuat teks pidato berkaitan dengan isi kandungan hadits riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas dan hadis riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali tentang jujur dalam muamalah

 

 

Mengetahui

Kepala MTsN 4 Trenggalek

 

 

Drs. H. Agung Wiyoto, M.M.Pd

NIP. 196309271988031010

 

 

Trenggalek, 12 Juli 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

Nanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.I

NIP. 197102272007101001




 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arti Lafal Surat Al Baqarah ayat 254

  SURAT AL BAQARAH AYAT 254   يٰٓاَيُّهَا   wahai فِيْهِ di dalamnya الَّذِيْنَ ...