18/08/21

RPP Kelas 8 Materi 1

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendididkan                   : MTsN 4 Trenggalek

Mata Pelajaran                         : Al Qur’an Hadis

Kelas/Semester                         : VIII/Ganjil

Materi Pokok                             : Hukum bacaan mad 'iwadl dan mad layyin

Alokasi Waktu                           : 2 x 40 Menit (Pertemuan 1)

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui pembelajaran lewat group whatsapp dan elearning madrasah, peserta didik dapat:

1.      Menjelaskan ketentuan hukum bacaan mad ‘iwadl dan mad layyin

2.      Mengidentifikasi hukum bacaan mad ‘iwadl dan mad layyin

3.      Menyimpulkan cara membaca hukum bacaan mad ‘iwadl dan mad layyin

4.      Merangkum ketentuan hukum bacaan ‘iwadl dan mad layyin

 

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan

1.       Guru menyapa peserta didik lewat WAG dengan ucapan salam (PPK religius)

2.       Peserta didik diingatkan untuk mengucapkan do’a/membaca basmalah sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran (PPK religius)

3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui WAG

4.       Guru memberikan motivasi tentang pentingnya mengikuti pembelajaran daring

5.       Peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran lewat elearning madrasah

Inti

1.       Peserta didik login di mtsn4trenggalek.sytes.net:8094 dan mengisi daftar hadir

2.       Peserta didik mendownload materi pembelajaran di e-learing

3.       Peserta didik membaca/mempelajari materi yang telah didownload (literasi)

4.       Peserta didik berdiskusi secara daring melalui Timeline kelas (collaborative)

5.       Peserta didik memberikan tanggapan/pendapat di Timeline kelas (critical thinking)

Penutup

1.       Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi peserta didik

2.       Guru memberikan penilaian secara daring

3.       Guru memberikan tugas tindak lanjut kepada peserta didik untuk meresume materi yang sudah dipelajari (creative)

4.       Guru bersama-sama peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan ucapan salam (PPK religius)

 

A.      PENILAIAN

Penilaian sikap

 

Observasi (ketertiban mengisi daftar hadir dan mengumpulkan tugas)

Penilaian diri dan antar teman (kebiasaan berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran)

Penilaian pengetahuan

Tes tulis (soal pilhan ganda)

Penugasan (resume materi pembelajaran)

Penilaian keterampilan

Keterampilan menyampaikan pendapat dalam diskusi online

 

 

 

Mengetahui

Kepala MTsN 4 Trenggalek

 

 

Drs. H. Agung Wiyoto, M.M.Pd

NIP. 196309271988031010

Trenggalek, 12 Juli 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

Nanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.I

NIP. 197102272007101001

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendididkan                   : MTsN 4 Trenggalek

Mata Pelajaran                         : Al Qur’an Hadis

Kelas/Semester                         : VIII/Ganjil

Materi Pokok                             : Mad ‘iwadl, mad layyin, dan mad ‘aridl lissukun

Alokasi Waktu                           : 2 x 40 Menit (Pertemuan 2)

 

B.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui pembelajaran daring lewat group whatsapp dan elearning madrasah, peserta didik dapat:

1.       Menjelaskan ketentuan hukum bacaan mad ‘ardil lissukun

2.       Mengidentifikasi hukum bacaan mad ‘aridl lissukun

3.       Menyimpulkan cara membaca hukum bacaan mad ‘aridl lissukun

4.       Merangkum ketentuan hukum bacaan mad ‘aridl lissukun

 

C.      KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan

1.       Guru menyapa peserta didik lewat WAG dengan ucapan salam (PPK religius)

2.       Peserta didik diingatkan untuk mengucapkan do’a/membaca basmalah sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran (PPK religius)

3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui WAG

4.       Guru memberikan motivasi tentang pentingnya mengikuti pembelajaran daring

5.       Peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran lewat elearning madrasah

Inti

6.       Peserta didik login di mtsn4trenggalek.sytes.net:8094 dan mengisi daftar hadir

7.       Peserta didik mendownload materi pembelajaran di e-learing

8.       Peserta didik membaca/mempelajari materi yang telah didownload (literasi)

9.       Peserta didik berdiskusi secara daring melalui Timeline kelas (collaborative)

10.   Peserta didik memberikan tanggapan/pendapat di Timeline kelas (critical thinking)

Penutup

6.       Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi peserta didik

7.       Guru memberikan penilaian secara daring

8.       Guru memberikan tugas tindak lanjut kepada peserta didik untuk meresume materi yang sudah dipelajari (creative)

9.       Guru bersama-sama peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan ucapan salam (PPK religius)

 

D.      PENILAIAN

Penilaian sikap

 

Observasi (ketertiban mengisi daftar hadir dan mengumpulkan tugas)

Penilaian diri dan antar teman (kebiasaan berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran)

Penilaian pengetahuan

Tes tulis (soal pilhan ganda)

Penugasan (resume materi pembelajaran)

Penilaian keterampilan

Keterampilan menyampaikan pendapat dalam diskusi online

 

Mengetahui

Kepala MTsN 4 Trenggalek

 

 

Drs. H. Agung Wiyoto, M.M.Pd

NIP. 196309271988031010

 

Trenggalek, 12 Juli 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

Nanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.I

NIP. 197102272007101001

 

 




 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendididkan                   : MTsN 4 Trenggalek

Mata Pelajaran                         : Al Qur’an Hadis

Kelas/Semester                         : VIII/Ganjil

Materi Pokok                             : Mad ‘iwadl, mad layyin, dan mad ‘aridl lissukun

Alokasi Waktu                           : 2 x 40 Menit (Pertemuan 3)

 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui pembelajaran daring lewat group whatsapp dan elearning madrasah, peserta didik dapat:mendemonstrasikan hukum bacaan mad ‘iwadl, mad layyin, dan mad ‘aridl lissukun

 

B.      KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan

1.       Guru menyapa peserta didik lewat WAG dengan ucapan salam (PPK religius)

2.       Peserta didik diingatkan untuk mengucapkan do’a/membaca basmalah sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran (PPK religius)

3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui WAG

4.       Appersepsi

Inti

1.       Guru memberikan contoh bacaan ayat-ayat Al Qur’an yang mengandung hukum bacaan mad ‘iwadl, mad layyin, dan mad ‘aridl lissukun melalui WAG

2.       Peserta didik menyimak bacaan guru lewat WAG

3.       Peserta didik bertanya tentang bacaan guru (critical thinking)

4.       Peserta didik belajar membaca ayat Al Qur’an yang telah dibacakan guru (literasi)

5.       Guru menunjuk beberapa siswa untuk memperdengarkan bacaannya melalui WAG

6.       Peserta didik lain memberikan komentar  (collaborative)

7.       Peserta didik merekam bacaannya dan mengirimkannya lewat WAG (creative)

8.       Guru memberikan penguatan/masukan terhadap bacaan peserta didik

Penutup

1.       Guru memberikan penilaian secara daring

2.       Guru memberikan tugas tindak lanjut kepada peserta didik untuk belajar membaca ayat-ayat dalam Al Quran yang mengandung bacaan mad ‘iwadl, mad layyin, dan mad ‘aridl lissukun (literasi)

3.       Guru bersama-sama peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan ucapan salam (PPK religius)

 

C.      PENILAIAN

Penilaian sikap

 

Observasi (ketertiban mengisi daftar hadir dan mengerjakan tugas)

Penilaian diri dan antar teman (kebiasaan membaca Al Qur’an di rumah)

Penilaian pengetahuan

-

Penilaian keterampilan

Praktik membaca Al Qur’an yang mengandung mad ‘iwadl, mad layyin, dan mad ‘aridl lissukun

 

Mengetahui

Kepala MTsN 4 Trenggalek

 

 

Drs. H. Agung Wiyoto, M.M.Pd

NIP. 196309271988031010

 

Trenggalek, 12 Juli 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

Nanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.I

NIP. 197102272007101001




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Doa-Doa yang Utama Dibaca Sesudah Shalat

  DOA-DOA YANG UTAMA DIBACA SESUDAH SHALAT   الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ   حَمْداً يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَه...