17/08/21

Pembagian Pekan Efektif Semester Ganjil Kelas 8

 

PEMBAGIAN PEKAN SEMESTER GANJIL

 

Mata Pelajaran                : Al Qur’an Hadits

Satuan Pendidikan          : MTsN 4 Trenggalek

Kelas                               : VIII (Delapan)

Tahun Pelajaran              : 2021/2022

 

A.   Perhitungan Alokasi Waktu

1.     Banyaknya pekan dalam semester

No.

Nama Bulan

Banyaknya Pekan

Pekan Efektif

Pekan Tidak Efektif

Keterangan

1.

2.

3.

4.

5.

6.

Juli

Agustus

September

Oktober

Nopember

Desember

5

4

5

4

4

5

3

4

5

4

4

3

2

0

0

0

0

        2         

LS 2 TP2020/2021

Libur hari raya

 

 

 

LS 1 TP 2021/2022

 

J u m l a h

27

23

4

 

 

2.  Banyaknya Jam Pelajaran Efektif

23     Pekan x 2 Jam Pelajaran                   =          46         Jam Pelajaran

 

B.      Distribusi Alokasi Waktu

1.   Kompetensi Inti (KI 1):

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2.   Kompetensi Inti (KI 2):

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.   Kompetensi Inti (KI 3):

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4.         Kompetensi Inti (KI 4):

Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

No.

Kompetensi Dasar dan Indikator

Alokasi Waktu

1.

 3.1.   Memahami ketentuan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layyin dan mad ‘aridl lissukun

3.1.1. Menjelaskan ketentuan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layyin dan mad ‘aridl lissukun

3.1.2. Mendiskusikan  hukum bacaan mad ‘iwad, mad layyin dan mad ‘aridl lissukun

3.1.3. Mengidentifikasi   hukum bacaan mad ‘iwad, mad layyin dan mad ‘aridl lissukun

3.1.4. Menyimpulkan cara membaca  hukum bacaan mad ‘iwad, mad layyin dan mad ‘aridl lissukun

3.1.5. Merangkum ketentuan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layyin dan mad ‘aridl lissukun

6 jp

2.

4.1.  Mempraktikkan hukum bacaaan mad ‘iwad, mad layyin dan mad ‘aridl lissukun dalam Al Qur’an surah pendek pilihan

4.1.1  Mendemonstrasikan bacaaan mad ‘iwad, mad layyin dan mad ‘aridl lissukun dalam Al Qur’an surah pendek pilihan

2 jp

1.

3.2.  Menganalisis isi kandungan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 tentang infaq di jalan Allah SWT

3.2.1.  Mengidentifikasi  isi kandungan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 tentang infaq di jalan Allah SWT

3.2.2.  Menjelaskan isi kandungan   Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 tentang infaq di jalan Allah SWT

3.2.3.  Mendiskusikan isi kandungan  Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 tentang infaq di jalan Allah SWT

3.2.4.  Menyimpulkan isi kandungan  Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 tentang infaq di jalan Allah SWT

3.2.5.  Merangkum  isi kandungan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 tentang infaq di jalan Allah SWT

8 jp

2.

4.2.1.  Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261

4.2.2.  Menyimpulkan keterkaitan kandungan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 dengan fenomena sosial tentang infaq dan sedekah dan menyajikannya dalam bentuk lisan atau tulisan

2 jp

 

2 jp

3.

3.3.  Menganalisis isi kandungan hadis riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ،قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَا مِنْ يَوْمِ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا : اَللَّهُمِّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفَا، وَيَقُوْلُ الآْخَرُ : اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفَا (متفق عليه) dan hadits riwayat Bukhari dari Hakim bin Hizam عَنْ حَكِيْمِ بْنِ حِزَامٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اَلْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُوْلُ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِ غِنًى، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ (رواه البخارى) tentang infaq di jalan Allah SWT

3.3.1. Mengidentifikasi  isi kandungan   hadist riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ،قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَا مِنْ يَوْمِ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا : اَللَّهُمِّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفَا، وَيَقُوْلُ الآْخَرُ : اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفَا (متفق عليه) dan hadits riwayat Bukhari dari Hakim bin Hizam عَنْ حَكِيْمِ بْنِ حِزَامٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اَلْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُوْلُ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِ غِنًى، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ (رواه البخارى) tentang infaq di jalan Allah SWT

3.3.2. Menyimpulkan isi kandungan  hadis riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ،قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَا مِنْ يَوْمِ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا : اَللَّهُمِّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفَا، وَيَقُوْلُ الآْخَرُ : اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفَا (متفق عليه) dan hadits riwayat Bukhari dari Hakim bin Hizam عَنْ حَكِيْمِ بْنِ حِزَامٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اَلْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُوْلُ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِ غِنًى، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ (رواه البخارى) tentang infaq di jalan Allah SWT

3.3.3. Merangkum  isi kandungan hadis riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ،قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَا مِنْ يَوْمِ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا : اَللَّهُمِّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفَا، وَيَقُوْلُ الآْخَرُ : اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفَا (متفق عليه) dan hadits riwayat Bukhari dari Hakim bin Hizam عَنْ حَكِيْمِ بْنِ حِزَامٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اَلْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُوْلُ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِ غِنًى، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ (رواه البخارى) tentang infaq di jalan Allah SWT

8 jp

 

4.3.  Menyajikan hasil analisis tentang keutamaan orang yang berinfaq sesuai pemahaman hadits riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah dan hadits riwayat Bukhari dari Hakim bin Hizam

4.3.1. Membuat teks pidato tentang isi kandungan hadis riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah dan hadits riwayat Bukhari dari Hakim bin Hizam tentang infaq di jalan Allah

2 jp

 

Penilaian Harian

Penilaian Tengah Semester

Penilaian Akhir Semester

Cadangan

6 jp

2 jp

2 jp

6 jp

 

Jumlah

46 jp

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala MTsN 4 Trenggalek

 

 

Drs. H. Agung Wiyoto, M.M.Pd

NIP. 196309271988031010

Trenggalek, 12 Juli 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

Nanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.I

NIP. 197102272007101001

 

 

 






 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Doa-Doa yang Utama Dibaca Sesudah Shalat

  DOA-DOA YANG UTAMA DIBACA SESUDAH SHALAT   الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ   حَمْداً يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَه...