18/08/21

RPP Kelas 9 Materi 2

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendididkan                   : MTsN 4 Trenggalek

Mata Pelajaran                         : Al Qur’an Hadis

Kelas/Semester                         : IX/Ganjil

Materi Pokok                             : Jujur dalam muamalah

Alokasi Waktu                           : 2 x 40 Menit (Pertemuan 4)

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui pembelajaran lewat group whatsapp dan elearning madrasah, peserta didik dapat:

1.       Mengidentifikasi  isi kandungan   Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 tentang jujur dalam muamalah.

2.       Menjelaskan isi kandungan   Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 tentang jujur dalam muamalah.

3.       Menyimpulkan isi kandungan  Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 tentang jujur dalam muamalah.

4.       Merangkum  isi kandungan Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 tentang jujur dalam muamalah

 

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan

1.       Guru menyapa peserta didik lewat WAG dengan ucapan salam (PPK religius)

2.       Peserta didik diingatkan untuk mengucapkan do’a/membaca basmalah sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran (PPK religius)

3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui WAG

4.       Guru memberikan motivasi tentang pentingnya mengikuti pembelajaran daring

5.       Peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran lewat elearning madrasah

Inti

1.       Peserta didik login di mtsn4trenggalek.sytes.net:8094 dan mengisi daftar hadir

2.       Peserta didik mendownload materi pembelajaran yang telah diunggah guru di e-learing (creative)

3.       Peserta didik membaca/mempelajari materi yang telah didownload (literasi)

4.       Peserta didik menuliskan pertanyaan/pernyataan seputar materi di Timeline Kelas (critical thinking)

Penutup

1.       Guru memberikan tanggapan di Timeline Kelas

2.       Guru memberikan tugas tindak lanjut kepada peserta didik untuk resume materi yang sudah dipelajari (creative)

3.       Guru bersama-sama peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan ucapan salam (PPK religius)

 

C.     PENILAIAN

Penilaian sikap

 

Observasi (ketertiban mengisi daftar hadir)

Penilaian diri dan antar teman (kebiasaan berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran)

Penilaian pengetahuan

Tes tulis (soal pilhan ganda)

Penilaian keterampilan

Keterampilan menyampaikan pertanyaan/pernyataan secara online

Keterampilan dalam membuat resume materi

 

Mengetahui

Kepala MTsN 4 Trenggalek

 

 

Drs. H. Agung Wiyoto, M.M.Pd

NIP. 196309271988031010

Trenggalek, 12 Juli 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

Nanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.I

NIP. 197102272007101001

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendididkan                   : MTsN 4 Trenggalek

Mata Pelajaran                         : Al-Qur’an Hadis

Kelas/Semester                         : IX/Ganjil

Materi Pokok                             : Jujur dalam muamalah

Alokasi Waktu                           : 2 x 40 Menit (Pertemuan 5)

 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui pembelajaran daring lewat group whatsapp dan elearning madrasah, peserta didik dapat mendemonstrasikan bacaan/hafalan Q.S. al-Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152

 

B.      KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan

1.       Guru menyapa peserta didik lewat WAG dengan ucapan salam (PPK religius)

2.       Peserta didik diingatkan untuk mengucapkan do’a/membaca basmalah sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran (PPK religius)

3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui WAG

Inti

1.       Guru membacakan Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 lewat WAG

2.       Peserta didik menyimak bacaan guru lewat WAG

3.       Peserta didik membaca Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 (literasi)

4.       Guru menunjuk beberapa siswa untuk memperdengarkan bacaan lewat WAG

5.       Peserta didik lain memberikan komentar  (critical thinking)

6.       Peserta didik merekam bacaan/hafalannya dan mengirimkannya lewat WAG (creative)

7.       Guru memberikan penguatan/masukan terhadap bacaan/hafalan peserta didik

Penutup

1.       Guru memberikan tugas tindak lanjut kepada peserta didik untuk membaca/menghafalkembali Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 (literasi)

2.       Guru bersama-sama peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan ucapan salam (PPK religius)

 

C.      PENILAIAN

Penilaian sikap

 

Observasi (ketertiban mengisi daftar hadir)

Penilaian diri (kesungguhan dalam menghafal)

Penilaian pengetahuan

-

Penilaian keterampilan

Praktik membaca/menghafal Q.S. al-Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152

 

 

Mengetahui

Kepala MTsN 4 Trenggalek

 

 

Drs. H. Agung Wiyoto, M.M.Pd

NIP. 196309271988031010

 

 

Trenggalek, 12 Juli 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

Nanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.I

NIP. 197102272007101001




 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendididkan                   : MTsN 4 Trenggalek

Mata Pelajaran                         : Al-Qur’an Hadis

Kelas/Semester                         : IX/Ganjil

Materi Pokok                             : Jujur dalam muamalah

Alokasi Waktu                           : 2 x 40 Menit (Pertemuan 6)

 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui pembelajaran daring lewat group whatsapp dan elearning madrasah, peserta didik dapat mengomunikasikan keterkaitan hasil analisis dampak positif jujur dalam muamalah sesuai pemahaman Q.S. al-Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 dengan fenomena sosial

 

B.      KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan

1.       Guru menyapa peserta didik lewat WAG dengan ucapan salam (PPK religius)

2.       Peserta didik diingatkan untuk mengucapkan do’a/membaca basmalah sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran (PPK religius)

3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui WAG

4.       Appersepsi

Inti

1.       Guru memberikan pokok-pokok materi isi kandungan Q.S. al-Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 melalui elearning mtsn4trenggalek.sytes.net:8094

2.       Peserta didik membaca pokok-pokok materi tersebut  (literasi)

3.       Peserta didik berdiskusi secara online tentang pokok-pokok materi (collaborative)

4.       Peserta didik menyampaikan jawaban/tanggapan di Timeline Kelas (critical thinking)

5.       Guru memberikan penguatan terhadap jawaban/tanggapan peserta didik

Penutup

1.       Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat resume materi isi kandungan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 tentang jujur dalam muamalah (creative)

5.       Guru bersama-sama peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan ucapan salam (PPK religius)

 

C.      PENILAIAN

Penilaian sikap

 

Observasi (ketertiban mengisi daftar dan memberikan pertanyaan/tanggapan dalam diskusi online)

Penilaian pengetahuan

-

Penilaian keterampilan

Keterampilan dalam membuat resume materi

 

Mengetahui

Kepala MTsN 4 Trenggalek

 

 

Drs. H. Agung Wiyoto, M.M.Pd

NIP. 196309271988031010

 

Trenggalek, 12 Juli 2020

Guru Mata Pelajaran

 

 

Nanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.I

NIP. 197102272007101001




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Doa-Doa yang Utama Dibaca Sesudah Shalat

  DOA-DOA YANG UTAMA DIBACA SESUDAH SHALAT   الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ   حَمْداً يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَه...