RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendididkan : MTsN 4 Trenggalek
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadis
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Materi Pokok : Infaq di jalan Allah SWT
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (Pertemuan 4)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pembelajaran lewat group whatsapp dan elearning madrasah, peserta didik dapat: 1. Mengidentifikasi isi kandungan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 tentang infaq di jalan Allah SWT. 2. Menjelaskan isi kandungan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 tentang infaq di jalan Allah SWT. 3. Menyimpulkan isi kandungan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 tentang infaq di jalan Allah SWT. 4. Merangkum isi kandungan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 tentang infaq di jalan Allah SWT. |
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Pendahuluan |
1. Guru menyapa peserta didik lewat WAG dengan ucapan salam (PPK religius)2. Peserta didik diingatkan untuk mengucapkan do’a/membaca basmalah sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran (PPK religius) 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui WAG 4. Guru memberikan motivasi tentang pentingnya mengikuti pembelajaran daring 5. Peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran lewat elearning madrasah |
Inti |
1. Peserta didik login di mtsn4trenggalek.sytes.net:8094 dan mengisi daftar hadir2. Peserta didik mendownload materi pembelajaran yang telah diunggah guru di e-learing (creative)3. Peserta didik membaca/mempelajari materi yang telah didownload (literasi)4. Peserta didik menuliskan pertanyaan/pernyataan seputar materi di Timeline Kelas (critical thinking) |
Penutup |
1. Guru memberikan tanggapan di Timeline Kelas2. Guru memberikan tugas tindak lanjut kepada peserta didik untuk membuat resume materi (creative)3. Guru bersama-sama peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan ucapan salam (PPK religius) |
A. PENILAIAN
Penilaian sikap |
Observasi (ketertiban mengisi daftar hadir)Penilaian diri dan antar teman (kebiasaan berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran) |
Penilaian pengetahuan |
Tes tulis online (soal pilhan ganda) |
Penilaian keterampilan |
Ketrerampilan dalam membuat pertanyaan/pernyataanKeterampilan dalam membuat resume materi |
MengetahuiKepala MTsN 4 TrenggalekDrs. H. Agung Wiyoto, M.M.PdNIP. 196309271988031010 |
Trenggalek, 12 Juli 2021Guru Mata PelajaranNanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.INIP. 197102272007101001 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendididkan : MTsN 4 Trenggalek
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadis
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Materi Pokok : Infaq di jalan Allah SWT
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (Pertemuan 5)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pembelajaran daring lewat group whatsapp dan elearning madrasah, peserta didik dapat mendemonstrasikan bacaan/hafalan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 |
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Pendahuluan |
1. Guru menyapa peserta didik lewat WAG dengan ucapan salam (PPK religius)2. Peserta didik diingatkan untuk mengucapkan do’a/membaca basmalah sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran (PPK religius) 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui WAG |
Inti |
1. Guru membacakan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 melalui WAG2. Peserta didik menyimak bacaan guru lewat WAG3. Peserta didik membaca Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 (literasi)4. Guru menunjuk beberapa siswa untuk memperdengarkan bacaannya lewat WAG5. Peserta didik lain memberikan komentar (critical thinking)6. Peserta didik merekam bacaan/hafalannya dan mengirimkannya lewat WAG (creative)7. Guru memberikan penguatan/masukan terhadap bacaan/hafalan peserta didik |
Penutup |
1. Guru memberikan tugas tindak lanjut kepada peserta didik untuk membaca/menghafal kembali Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 (literasi)2. Guru bersama-sama peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan ucapan salam (PPK religius) |
C. PENILAIAN
Penilaian sikap |
Observasi (ketertiban mengisi daftar hadir)Penilaian diri (kesungguhan dalam menghafal) |
|
Penilaian pengetahuan |
- |
|
Penilaian keterampilan |
Praktik membaca/menghafal Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 |
|
MengetahuiKepala MTsN 4 TrenggalekDrs. H. Agung Wiyoto, M.M.PdNIP. 196309271988031010 |
Trenggalek, 12 Juli 2021Guru Mata PelajaranNanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.INIP. 197102272007101001 |
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendididkan : MTsN 4 Trenggalek
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadis
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Materi Pokok : Infaq di jalan Allah SWT
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (Pertemuan 6)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pembelajaran daring lewat group whatsapp dan elearning madrasah, peserta didik dapat mengomunikasikan keterkaitan hasil analisis dampak positif jujur dalam muamalah sesuai pemahaman Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 dengan fenomena sosial tentang infaq dan sedekah dan menyajikannya dalam bentuk lisan atau tulisan |
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Pendahuluan |
1. Guru menyapa peserta didik lewat WAG dengan ucapan salam (PPK religius)2. Peserta didik diingatkan untuk mengucapkan do’a/membaca basmalah sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran (PPK religius) 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui WAG 4. Appersepsi |
Inti |
1. Guru memberikan pokok-pokok materi isi kandungan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 melalui elearning mtsn4trenggalek.sytes.net:80942. Peserta didik membaca pokok-pokok materi tersebut (literasi)3. Peserta didik berdiskusi secara online tentang pokok-pokok materi (collaborative)4. Peserta didik menyampaikan jawaban/tanggapan di Timeline Kelas (critical thinking)5. Guru memberikan penguatan terhadap jawaban/tanggapan peserta didik |
Penutup |
1. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat resume materi isi kandungan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 tentang infaq di jalan Allah SWT (creative)2. Guru bersama-sama peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan ucapan salam (PPK religius) |
C. PENILAIAN
Penilaian sikap |
Observasi (ketertiban mengisi daftar dan memberikan pertanyaan/tanggapan dalam diskusi online) |
|
Penilaian pengetahuan |
- |
|
Penilaian keterampilan |
Keterampilan dalam membuat resume materi |
|
MengetahuiKepala MTsN 4 TrenggalekDrs. H. Agung Wiyoto, M.M.PdNIP. 196309271988031010 |
Trenggalek, 12 Juli 2021Guru Mata PelajaranNanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.INIP. 197102272007101001 |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar