01/12/24

Kisi-Kisi Soal Sumatif Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Al Qur'an Hadits Kelas VIII

 

KISI-KISI SOAL SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

MATA PELAJARAN AL QUR'AN HADITS KELAS VIII

 TAHUN AJARAN 2024/2025

 

No

Tujuan Pembelajaran

IKTP

Materi

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk soal

No. Soal

1

2

3

4

5

6

7

8

 

3.1 Memahami ketentuan hokum bacaan Mad Iwad, MadLayyin ,dan Mad Arid lissukun

Siswa dapat Memahami ketentuan hukum-hukum bacaan  Mad Iwad, Mad Layyin dan Mad aridh Lissukun

Ku baca AL Qur’an dengantepat (mad iwad,mad layyin dan mad arid lissukun)

Disajikan potongan ayat, Siswa Dapat menentukan hukum bacaan mad dengan tepat

 

C2

 

PG

1

 

 

 

 

Disajikan pernyataan tentang mad iwadh, siswa dapat memilih bacaan mad iwadh dengan tepat.

 

C2

PG

 

2

 

 

 

 

Disajikan contoh kasus, Siswa Dapat menentukan hukum bacaan mad layyin dengan tepat

 

C2

PG

 

3

 

 

 

 

Disajikan pertanyaan tentang mad layyin, Siswa dapat menentukan huruf mad layyin dengan tepat.

C2

PG

4

 

 

 

 

Disajikan tabel potongan ayat, Siswa Dapat menentukan hukum bacaan mad layyin dengan tepat

C2

PG

5


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan contoh bacaan mad iwad dengan tepat

 

 

 

C2

PG

 

 

 

6

 

 

 

 

Disajikan pertanyaan tentang mad iwad, siswa dapat menentukan definisi mad iwad dengan tepat.

C2

PG

 

 

7

 

 

 

 

Disajikan pertanyaan tentang mad aridh lissukun, siswa dapat menentukan bacaan mad aridh lissukun dengan tepat.

 

 

C2

PG

 

 

8

 

 

 

 

Disajikan tabel potongan ayat, siswa dapat menentukan bacaan bacaan mad aridh lissukun dengan tepat

 

 

C2

PG

 

 

9

 

 

 

 

Disajikan potongan ayat, Siswa Dapat menentukan hukum bacaan mad arid lissukun dengan tepat

C2

PG

10

 

3.2

Menganalis isi kandunganQ s.AlFajr (89) 15-18,Al

Baqarah (2) 254 Dan 261

TentangInfaq Dan Sadaqah

Menganalisis isi kandungan Qs. AlFajr (89) 15-

18) Tentang Infaq Dan Sadaqah

Ku Berbagi Infaq Dan Shadaqah

Peserta didik dapat menentu kan pengertian infak dengan tepat

C1

PG

11

 

 

 

 

Disajikan pertanyaan, siswa dapat menyebutkan sebutan orang penerima infak

C1

PG

12

 

 

 

 

Disajikan pertanyaan, siswa dapat menentukan hukum inafak dengan tepat

 

C2

PG

13

 

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan kerugian orang yang bakhil

C1

PG

14

 

 

 

 

Disajikan pertanyaan tentang klaisfikasi surat al-fajr, siswa dapat menentukan al-fajr termasuk surat apa dengan benar

C2

PG

15

 

 

 

 

Disajikan Q.S. al-Fajrayat 15-18,

Peserta didik dapat menentu

Kan isi kandungan ayat

C2

PG

16

 

 

 

 

Disajikan tabel al-fajr ayat 18, siswa dapat menyusunnya dengan tepat

 

C3

PG

17

 

 

 

 

Disajikan pernyataan, siswa

dapat menentukan mamfaat memiliki kepedulian sosial

C2

PG

18

 

 

 

 

Pesrta didik dapat menentuk

an contoh riya’

C1

PG

19

 

 

 

 

Disajikan surat al fajrayat 15,

Pesertadidik dapat menentuk

an kandungannya.

C2

PG

20

 

 

 

 

Disajikan tabel mufradat, siswa dapat menentukan pasangan muffrdat yang

Tepat

C2

PG

21

 

 

 

 

Disajikan contoh kasus, siswa dapat menganalisis berdasarkan surat al-fajr ayat keberapa dengan tepat.

C4

PG

22

 

 

 

 

Disajikan pernyataan, siswa dapat menganalisis orang yang kurang bersyukur berdasarkan al-fajr ayat ke berapa dengan tepat.

 

C4

PG

23

 

 

 

 

Disajikan al-fajr ayat 16, siswa dpat menganalisis nya dengan tepat

C4

PG

24

 

 

 

 

Disajikan rukun infak, siswa dapat menjelaskan syarat munfik dengan tepat

C2

 

PG

25

 

 

 

 

Disajikan contoh kasus, siswa dapat menentukan hukum infak dengan tepat

 

C2

PG

26

 

3.3 Menganalisis isi kandungan hadits riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah dan hadts riwayat Bukhari dari

hakim bin hizam tentang infak di Jalan Allah Swt

- Menganalisis isi kandungan hadits riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah

 

 

Hadits tentang infaq dan shadaqah

Disajikan contoh kasus, siswa dapat menentukan hukum infak dengan tepat

 

 

 

C2

PG

27

 

 

 

 

Disajikan contoh kasus, siswa dapat menentukan contoh apa dengan tepat

 

C2

 

PG

28

 

 

Menganalisis isi kandungan hadits riwayat Bukhari dari hakim bin hizam

tentang infak di Jalan

Allah Swt

 

Disajikan pernyataan, siswa dapat membedakan infak dan sedekah dengan tepat.

 

 

C2

PG

29

 

 

 

 

Disajikan pernyataan pilihan, siswa dapat menjelaskan syarat munfik dengan tepat

 

C2

PG

30

 

 

 

 

Disajikan tabel mufradat hadis, peserta didik  dapat menentukan pasangat mufradat yg tepat

 

 

C2

PG

31

 

 

 

 

Disajikan hadisriwayat bukhari muslim, peserta didik dapat mengarti

Kan hadis dengan tepat

 

C1

PG

32

 

 

Menganalisis isi kandungan hadits hadts riwayat Bukhari dari hakim bin hizam tentang infak di Jalan

Allah Swt

 

 

Berbagi Infaq dan sede kah

Disajikan hadis riwayat bukhari muslim, peserta didik dapat mengarti

Kan hadis dengan tepat

 

 

C1

PG

33

 

 

 

 

Disajikan hadis riwayat bukhari muslim, peserta didik dapat mengarti

Kan hadis dengan tepat

 

 

C1

PG

34

 

 

 

 

Disajikan hadis riwayat bukhari muslim, peserta didik dapat menjelaskan isi kandungan hadis dengan tepat

C2

PG

35

 

 

 

 

Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat menganalisis isi kandungan bukhari dari hakin bin hizam dengan tepat

 

C4

PG

36

 

 

 

 

Disajikan contoh kasus, siswa dapat menentukan contoh apa dengan tepat

C3

PG

37

 

 

Menganalis isi kandungan Al Baqarah 261 Tentang Infaq Dan

   Sadaqah

 

Disajikan potongan QS. Albaqarah 261, peserta didik dapat menentuKan makna ayat

C4

PG

38

 

 

Menganalisis isi kandungan Qs. AlFajr (89) 15-

  18) Tentang Infaq Dan     

  Sadaqah

 

Disajikan potongan ayat 18 surat al-fajr, peserta didik dapat menerjemahkannya dengan tepat

C1

PG

39

 

 

Menganalisis isi kandungan hadits hadts riwayat Bukhari dari hakim bin hizam tentang infak di Jalan

  Allah Swt

 

Disajikan hadis riwayat bukhari muslim dari hakim bin hijam, peserta didik dapat menjelaskan makna kandungan hadis dengan tepat

C2

PG

40

 

 

Siswa dapat Memahami ketentuan hukum-hukum bacaan  Mad Iwad, Mad Layyin dan Mad aridh Lissukun

 

Disajikan pertanyaan, siswa dapat menjelaskan pengertian dan contoh mad iwad, mad arid, mad layyin dengan tepat.

C2

essay

1-3

 

 

Siswa dapat memahami ketentuan infak sedekah

 

Disajikan pertanyaan, siswa dapat menjelaskan perbedaa infak dan sedekah dengan tepat.

C2

essay

4

 

 

 

 

Disajikan pertanyaan, siswa dapat menjelaskan syarat barang yg di infakan dengan tepat.

C2

essay

5

 

 

 

 

Disajikan pertanyaan, siswa dapat menjelaskan syarat-syarat munfiq dengan tepat.

C2

essay

6

 

 

 

 

Disajikan H.R Bukari dari Hizam, siswa dapat menganalisis makna nya dengan tepat.

C4

essay

7

 

 

 

 

Disajikan pertanyaan, siswa dapat menjelaskan rukun infaq serta penerapannya dengan tepat.

C2

essay

8

 

 

 

 

Disajikan pertanyaan, Siswa dapat menjelaskan dampak infak bagi lingkungan sosial

C2

Essay

9

 

 

 

 

Disajikan H.R Bukhari Muslim dari Abu Hurairah, Siswa dapat menganalisis kandungannya dengan tepat.

C4

essay

10

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bijak Bermedsos

  BIJAK BERMEDSOS Cerpen: Nur Anisa Salsabila Bijak bermedia sosial sangat penting bagi kita yang berada di zaman digital ini. Sikap b...