SOAL LATIHAN
ASESMEN AKHIR SEMESTER GANJIL KELAS IX
TAHUN PELAJARAN 2025/2026
A. Pilihlah satu (1) jawaban paling tepat!
1. Mad lazim mukhaffaf kilmi adalah bagian dari mad far’I. Bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi dalam Al Qur’an hanya ada pada dua ayat pada surat yang sama yaitu ….
A. QS Al Baqarah ayat 50 dan 90
B. QS Ali Imran ayat 51 dan 91
C. QS Hud ayat 50 dan 90
D. QS Yunus ayat 51 dan 91
2. Di dalam Al Qur’an yang terdiri dari 114 surat dan 6666 ayat, hanya ada satu lafal bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi. Lafal tersebut berbunyi ….
A. الصَّٓاخَّةُ
B. الضَّالِّٓيْنَ
C. ءَآلْئٰنَ
D. يٰسٓ
3. Hukum bacaan yang terjadi ketika ada bacaan mad thabi’i alif bertemu dengan huruf hijaiyah bertasdid dalam satu kalimat atau dalam satu lafal disebut bacaan…
A. Mad lazim mukhaffaf kilmi
B. Mad lazim mutsaqal kilmi
C. Mad lazim mukhaffaf harfi
D. Mad lazim mutsaqal harfi
4. Pengertian mad lazim mutsaqal harfi bisa ditinjau dari segi lughah (bahasa) dan istilah. Dari segi bahasa kata mutsaqal berarti ....
A. Pasti atau harus
B. Diberatkan
C. Diringankan
D. Dipanjangkan
5. Hukum bacaan mad lazim mukhaffaf harfi dan mad lazim mutsaqal harfi dapat ditemui pada fawatihus suwar. Fawatihus suwar artinya ….
A. Pembuka surat-surat dalam Al Qur’an
B. Penutup surat-surat dalam Al Qur’an
C. Surat-surat pendek dalam Al Qur’an
D. Surat-surat panjang dalam Al Qur’an
6. Pada awal surat Al Baqarah, diawali dengan lafal الٓمّٓ . Lafal tersebut mengandung bacaan....
A. Mad lazim mukhaffaf harfi
B. Mad lazim mutsaqal harfi
C. Mad lazim mukhaffaf kilmi
D. Mad lazim mutsaqal kilmi
7. Panjang bacaan mad lazim mukhaffaf harfi adalah 1 alif yang berarti sama dengan ….
A. 1 harakat
B. 2 harakat
C. 3 harakat
D. 4 harakat
8. Cara membaca mad lazim mutsaqal harfi ialah ...
A. Dipanjangkan sesuai nafas si pembaca
B. Dipanjangkan enam harakat dengan suara ringan
C. Dipanjangkan dua harakat dan diringankan
D. Dipanjangkan enam harakat dan diberatkan
9. Lafal berikut yang paling banyak mengandung bacaan mad lazim mukhaffaf harfi ialah ...
A. الٓمّٓصٓ
B. طٰهٰ
C. الٓمّٓرٰ
D. الٓمّٓ
10. Pada lafalالٓمّٓرٰ mengandung bacaan mad lazim mukhaffaf harfi sebanyak....
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Empat
11. Berikut ini adalah surat Al Qur’an yang pada ayat pertama terdapat bacaan mad lazim mukhaffaf harfi ialah....
A. Q.S. Al Baqarah
B. Q.S. Sad
C. Q.S. Al qalam
D. Q.S. Taha
12. Panjang bacaan huruf ya pada lafalيٰسٓ ialah....
A. Satu alif
B. Dua alif
C. Tiga alif
D. Empat alif
13. Panjang bacaan huruf kaf pada lafal كٓهٰيٰعٓصٓ ialah....
A. Dua harakat
B. Empat harakat
C. Lima harakat
D. Enam harakat
14. Sifat jujur merupakan salah satu sifat yang melekat pada diri nabi dan rasul Allah SWT. Sifat jujur dalam istilah Islam disebut dengan ....
A. Sidiq
B. Amanah
C. Tablig
D. Fathanah
15. Ayat-ayat Al Qur’an yang diwahyukan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW seringkali diawali dengan suatu peristiwa atau kejadian. Peristiwa yang menjadi sebab turunnya suatu ayat Al Qur’an disebut dengan ….
A. Nuzulul Qur’an
B. Asbabul Qur’an
C. Asbabun Nuzul
D. Lailatul Qadar
16. Dalam QS Al Muthaffifin ditegaskan bahwa orang-orang yang curang akan celaka. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam ayat yang berbunyi ....
A. اَلاَّ يَظُنُّ اُوْلَئِكَ اَنَّهُمْ مَّبْعُثُوْنَ
B. وَيْلٌ لِّلْمُطَفِّفِيْنَ
C. لِيَوْمٍ عَظِيْمِ
D. وَمَا اَدْرٰكَ مَا سِجِّيْنٌ
17. Arti yang tepat dari ayat yang berbunyi اِلاَّ كُلُّ مُعْتَدٍ اَثِيْمٍ ialah ....
A. Apa yang mereka kerjakan itu telah menutupi hati mereka
B. Sesungguhnya catatan orang-orang yang durhaka benar-benar tersimpan
C. Apabila mereka menakar atau menimbang mereka mengurangi
D. Kecuali tiap orang yang melampau batas dan berdosa
18. Orang-orang yang suka berbuat curang dalam menimbang dan menakar pasti akan celaka. Bentuk kecelakaan itu adalah ....
A. Akan mendapatkan azab yang pedih
B. Akan dimasukkan neraka wail
C. Akan dicatat dalam sijjin
D. Dijauhkan dari rahmat Allah SWT
19. Pada ayat 7 QS Al Muthaffifin yang berbunyi: كَلَّا اِنَّ كِتٰبَ اْلفُجَّارِ لَفِى سِجِّيْنِ (٧)
Yang dimaksud sijin pada ayat tersebut adalah ....
A. Kitab para syetan dan orang-orang kafir
B. Kitab tentang nasib manusia di akherat
C. Kitab rahasia para malaikat
D. Kitab tentang para penghuni neraka
20. Sifat orang-orang durhaka yang suka melampaui batas dan selalu melanggar hukum-hukum Allah disebut dengan istilah ….
A. Mu’tad
B. Atsim
C. Kafir
D. Dzalim
21. Orang-orang yang bergelimang dosa karena suka mengonsumsi makanan haram, sering berkata dusta dan berlaku curang disebut dengan ….
A. Mu’tad
B. Atsim
C. Kafir
D. Dzalim
22. Asbabun nuzul QS Al An’am ayat 152 berkaitan dengan ….
A. Kecurangan orang-orang Madinah dalam menakar dan menimbang
B. Perlakukan tidak adil orang-orang Arab terhadap keluarga dekat dan orang lain
C. Perintah untuk bersikap adil dan perlakukan yang baik kepada anak yatim
D. Perbuatan orang-orang yang durhaka yang suka melampaui batas
23. QS Al An’am ayat 152 yang berarti: “Dan sempurnakanlah takaran dan timbangan” berbunyi ….
A. وَلَاتَقْرَبُوْامَالَ اْليَتِيْمِ
B. حَتّٰى يَبْلُغَ اَشُدَّهُ
C. وَاَوْفُواالْكَيْلَ وَالْمِيْزَانَ
D. وَاِذَا كُلْتُمْ فَاعْدِلُوْا
24. Penyebab utama perbuatan orang-orang yang suka mengejek dan mendustakan Al Qur'an adalah ....
A. Mereka tidak pernah membaca Al Qur'an dan memahami isinya
B. Hati mereka telah tergoda oleh syetan
C. Hati mereka telah tertutup oleh banyaknya dosa
D. Kehidupan mereka bergelimang harta dan kesenangan
25. Dalam QS Al An'am ayat 152 yang berbunyi:
وَلَاتَقْرَبُوْامَالَ اْليَتِيْمِ اِلاَّ بِالَّتِى هِيَ اَحْسَانُ حَتّٰى يَبْلُغَ اَشُدَّهُ وَاَوْفُواالْكَيْلَ وَالْمِيْزَانَ بالْقِسْطِ لَا نُكَلِّفُ نَفْسًا اِلاَّ وُسْعَهَا وَاِذَا كُلْتُمْ فَاعْدِلُوْا وَلَوْكَانَ ذَاقُرْبٰى وَبِعَهْدِ اللهِ اَوْفُوْا ذَالِكُمْ وَصّٰكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ (١٥٢)
dijelaskan beberapa perintah Allah SWT seperti berikut, kecuali ....
A. Mendekati harta anak yatim
B. Menyempurnakan takaran dan timbangan dengan adil
C. Berbicara jujur
D. Memenuhi janji Allah SWT
26. QS Al Muthaffifin ayat 1-17 memiliki keterkaitan erat dengan QS Al An’am ayat 152. Keterkaitan tersebut berkaitan dengan ….
A. Sikap terhadap anak yatim
B. Sikap dalam bermuamalah
C. Sikap dalam mencari nafkah
D. Sikap kepada sesama muslim
27. Kita boleh mendekati harta anak yatim dengan cara-cara yang baik yakni agar harta tersebut bisa berkembang, dan kita harus menyerahkan sepenuhnya harta tersebut kepadanya jika ....
A. Kita tidak sanggup lagi mengelolanya
B. Harta harta tersebut telah berkembang
C. Mereka memintanya
D. Mereka telah dewasa
28. هَلَكْتُ فِيْهِ الْاُمَمُ السَّالِفَةُ قَبْلَكُمْ الْمِكْيَالُ والْمِيْزَانُ
Sesuai bunyi hadits di atas, ada dua hal yang telah menghancurkan para umat terdahulu yaitu ….
A. Jual beli dan riba
B. Menyewa dan meminjam
C. Ibadah dan muamalah
D. Takaran dan timbangan
29. يَامَعْشَرَالتُّجَارِ اِنَّكُمْ قَدْوَلَّيْتُمْ اَمْرًا
Sesuai lafal hadits di atas, himbauan Rasulullah Muhammad SAW ditujukan kepada ….
A. Para peminjam
B. Para pedagang
C. Para pembeli
D. Para penyewa
30. Sifat yang paling dibutuhkan dan harus dijunjung tinggi dalam urusan perdagangan adalah ….
A. Istiqamah
B. Dermawan
C. Jujur
D. Qanaah
31. فَاِنَّ الصَّدْقُ طُمَأْنِيْنَةٌ
Terjemah dari lafal hadits di atas yang tepat adalah ….
A. Maka sesungguhnya janji itu sama dengan hutang
B. Maka sesungguhnya kejujuran itu membawa ketenangan
C. Maka sesungguhnya kebohongan itu menyebabkan keraguan
D. Maka sesungguhnya perdaganan itu mendatangkan kekayaan
32. Ada dua hal berkaitan dengan urusan kehidupan manusia yaitu ibadah dan muamalah. Hal-hal yang berhubungan dengan dengan sesama manusia termasuk dalam urusan ….
A. Aqidah
B. Muamalah
C. Syari’ah
D. Ibadah
33. Kejujuran merupakan salah satu sifat para nabi dan rasul Allah SWT. Sifat jujur disebut ….
A. Sidiq
B. Amanah
C. Tablig
D. Fathanah
34. دَعْ مَايُرِيْبُكَ اِلَى ماَ لاَ يُرِيْبُكَ
Hadits di atas berisi himbauan agar kita ….
A. Meninggalkan larangan Allah SWT
B. Meninggalkan sesuatu yang membuat ragu
C. Meninggalkan sesuatu yang membahayakan
D. Meninggalkan hal yang tidak bermanfaat
35. Berikut ini bentuk-bentuk kejujuran seperti yang dijelaskan oleh beberapa ulama, kecuali ….
A. Jujur dalam berucap
B. Jujur dalam berbuat
C. Jujur dalam bermuamalat
D. Jujur dalam bermuhasabat
B. Pilihlah dua (2) jawaban paling tepat!
1. Pada lafal كٓهٰيٰعٓصٓ terdapat hukum bacaan….
A. 2 mad lazim mukhafaf harfi
B. 3 mad lazim mutsaqal harfi
C. 2 mad lazim mutsaqal harfi
D. 3 mad lazim mukhaffaf harfi
2. Deretan huruf hijaiyah berikut ini yang termasuk hurufnya mad lazim mutsaqal harfi adalah ...
A. ك ح ل س
B. ع س ق ي
C. ل س ق ن
D. م ع ص ك
3. Dalam QS Al Ahzab ayat 70 yang berbunyi: يَآاَيُّهَاالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا التَّقُواالله َوَقُوْلُوْا قَوْلًا شَدِيْدًا (٧٠) ditegaskan bahwa ciri-ciri orang beriman adalah ....
A. Suka menafkahkan hartanya di jalan Allah SWT
B. Bertaqwa kepada Allah SWT
C. Suka berkata yang benar
D. Suka menolong sesamanya
4. Keberadaan orang-orang munafiq di sekitar kita perlu diwasdai agar kita tidak terjebak kelicikan mereka. Rasulullah Muhammad SAW memberikan petunjuk tentang ciri-ciri orang munafiq yang harus kita waspadai melalui haditsnya yang berbunyi:
آيَة الْمُنَافِق ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اُؤْتُمِنَ خَانَ
Berikut ini ciri-ciri orang munafiq sesuai isi hadits, diantaranya ….
A. Bila berkata sesuai fakta
B. Bila berjanji ia mengingkari
C. Bila diberi amanat ia menjaganya
D. Bila diberi kepercayaan ia berkhianat
5. Berikut ini adalah buah dari kejujuran dalam perdagangan adalah ….
A. Terhindar dari perbuatan dosa
B. Mendapatkan ketenangan
C. Mendapatkan keuntungan besar
D. Mendapatkan pelanggan yang banyak
C. Jawablah pertanyaan berikut dengan jawaban yang tepat!
1. Jelaskan bacaan tajwid yang terdapat pada lafal وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ serta bagaimana cara membacanya?
2. Sebutkan huruf hijaiyah yang termasuk dalam kelompok huruf mad lazim mukhaffaf harfi dan mad lazim mutsaqal harfi!
3. Dalam Islam ada dua ajaran pokok yakni berkaitan dengan hablun min Allah dan hablun min an nas. Jelaskan keduanya!
4. Mengapa kejujuran sangat dibutuhkan dalam bermuamalah? Jelaskan pendapatmu!
5. Bagaimanakah penerapan perilaku jujur dalam perdagangan online?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar