KISI-KISI SOAL SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL
MATA PELAJARAN AL QUR'AN HADITS KELAS VIII
TAHUN AJARAN 2024/2025
No |
Tujuan Pembelajaran |
IKTP |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk soal |
No. Soal |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
|
3.1 Memahami ketentuan hokum bacaan Mad Iwad, MadLayyin ,dan Mad Arid lissukun |
Siswa dapat Memahami ketentuan hukum-hukum bacaan Mad Iwad, Mad Layyin dan Mad aridh Lissukun |
Ku baca AL Qur’an dengantepat (mad iwad,mad layyin dan mad arid lissukun) |
Disajikan potongan ayat, Siswa Dapat menentukan hukum bacaan mad dengan tepat |
C2
|
PG |
1 |
|
|
|
|
Disajikan pernyataan tentang mad iwadh, siswa dapat memilih bacaan mad iwadh dengan tepat. |
C2 |
PG |
2 |
|
|
|
|
Disajikan contoh kasus, Siswa Dapat menentukan hukum bacaan mad layyin dengan tepat |
C2 |
PG |
3 |
|
|
|
|
Disajikan pertanyaan tentang mad layyin, Siswa dapat menentukan huruf mad layyin dengan tepat. |
C2 |
PG |
4 |
|
|
|
|
Disajikan tabel potongan ayat, Siswa Dapat menentukan hukum bacaan mad layyin dengan tepat |
C2 |
PG |
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan contoh bacaan mad iwad dengan tepat |
C2 |
PG |
6 |
|
|
|
|
Disajikan pertanyaan tentang mad iwad, siswa dapat menentukan definisi mad iwad dengan tepat. |
C2 |
PG |
7 |
|
|
|
|
Disajikan pertanyaan tentang mad aridh lissukun, siswa dapat menentukan bacaan mad aridh lissukun dengan tepat. |
C2 |
PG |
8 |
|
|
|
|
Disajikan tabel potongan ayat, siswa dapat menentukan bacaan bacaan mad aridh lissukun dengan tepat |
C2 |
PG |
9 |
|
|
|
|
Disajikan potongan ayat, Siswa Dapat menentukan hukum bacaan mad arid lissukun dengan tepat |
C2 |
PG |
10 |
|
3.2 Menganalis isi kandunganQ s.AlFajr (89) 15-18,Al Baqarah (2) 254 Dan 261 TentangInfaq Dan Sadaqah |
Menganalisis isi kandungan Qs. AlFajr (89) 15- 18) Tentang Infaq Dan Sadaqah |
Ku Berbagi Infaq Dan Shadaqah |
Peserta didik dapat menentu kan pengertian infak dengan tepat |
C1 |
PG |
11 |
|
|
|
|
Disajikan pertanyaan, siswa dapat menyebutkan sebutan orang penerima infak |
C1 |
PG |
12 |
|
|
|
|
Disajikan pertanyaan, siswa dapat menentukan hukum inafak dengan tepat
|
C2 |
PG |
13 |
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan kerugian orang yang bakhil |
C1 |
PG |
14 |
|
|
|
|
Disajikan pertanyaan tentang klaisfikasi surat al-fajr, siswa dapat menentukan al-fajr termasuk surat apa dengan benar |
C2 |
PG |
15 |
|
|
|
|
Disajikan Q.S. al-Fajrayat 15-18, Peserta didik dapat menentu Kan isi kandungan ayat |
C2 |
PG |
16 |
|
|
|
|
Disajikan tabel al-fajr ayat 18, siswa dapat menyusunnya dengan tepat
|
C3 |
PG |
17 |
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan mamfaat memiliki kepedulian sosial |
C2 |
PG |
18 |
|
|
|
|
Pesrta didik dapat menentuk an contoh riya’ |
C1 |
PG |
19 |
|
|
|
|
Disajikan surat al fajrayat 15, Pesertadidik dapat menentuk an kandungannya. |
C2 |
PG |
20 |
|
|
|
|
Disajikan tabel mufradat, siswa dapat menentukan pasangan muffrdat yang Tepat |
C2 |
PG |
21 |
|
|
|
|
Disajikan contoh kasus, siswa dapat menganalisis berdasarkan surat al-fajr ayat keberapa dengan tepat. |
C4 |
PG |
22 |
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, siswa dapat menganalisis orang yang kurang bersyukur berdasarkan al-fajr ayat ke berapa dengan tepat.
|
C4 |
PG |
23 |
|
|
|
|
Disajikan al-fajr ayat 16, siswa dpat menganalisis nya dengan tepat |
C4 |
PG |
24 |
|
|
|
|
Disajikan rukun infak, siswa dapat menjelaskan syarat munfik dengan tepat |
C2
|
PG |
25 |
|
|
|
|
Disajikan contoh kasus, siswa dapat menentukan hukum infak dengan tepat
|
C2 |
PG |
26 |
|
3.3 Menganalisis isi kandungan hadits riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah dan hadts riwayat Bukhari dari hakim bin hizam tentang infak di Jalan Allah Swt |
- Menganalisis isi kandungan hadits riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah |
Hadits tentang infaq dan shadaqah |
Disajikan contoh kasus, siswa dapat menentukan hukum infak dengan tepat |
C2 |
PG |
27 |
|
|
|
|
Disajikan contoh kasus, siswa dapat menentukan contoh apa dengan tepat |
C2
|
PG |
28 |
|
|
Menganalisis isi kandungan hadits riwayat Bukhari dari hakim bin hizam tentang infak di Jalan Allah Swt |
|
Disajikan pernyataan, siswa dapat membedakan infak dan sedekah dengan tepat. |
C2 |
PG |
29 |
|
|
|
|
Disajikan pernyataan pilihan, siswa dapat menjelaskan syarat munfik dengan tepat |
C2 |
PG |
30 |
|
|
|
|
Disajikan tabel mufradat hadis, peserta didik dapat menentukan pasangat mufradat yg tepat |
C2 |
PG |
31 |
|
|
|
|
Disajikan hadisriwayat bukhari muslim, peserta didik dapat mengarti Kan hadis dengan tepat |
C1 |
PG |
32 |
|
|
Menganalisis isi kandungan hadits hadts riwayat Bukhari dari hakim bin hizam tentang infak di Jalan Allah Swt |
Berbagi Infaq dan sede kah |
Disajikan hadis riwayat bukhari muslim, peserta didik dapat mengarti Kan hadis dengan tepat |
C1 |
PG |
33 |
|
|
|
|
Disajikan hadis riwayat bukhari muslim, peserta didik dapat mengarti Kan hadis dengan tepat |
C1 |
PG |
34 |
|
|
|
|
Disajikan hadis riwayat bukhari muslim, peserta didik dapat menjelaskan isi kandungan hadis dengan tepat |
C2 |
PG |
35 |
|
|
|
|
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat menganalisis isi kandungan bukhari dari hakin bin hizam dengan tepat
|
C4 |
PG |
36 |
|
|
|
|
Disajikan contoh kasus, siswa dapat menentukan contoh apa dengan tepat |
C3 |
PG |
37 |
|
|
Menganalis isi kandungan Al Baqarah 261 Tentang Infaq Dan Sadaqah |
|
Disajikan potongan QS. Albaqarah 261, peserta didik dapat menentuKan makna ayat |
C4 |
PG |
38 |
|
|
Menganalisis isi kandungan Qs. AlFajr (89) 15- 18) Tentang Infaq Dan Sadaqah |
|
Disajikan potongan ayat 18 surat al-fajr, peserta didik dapat menerjemahkannya dengan tepat |
C1 |
PG |
39 |
|
|
Menganalisis isi kandungan hadits hadts riwayat Bukhari dari hakim bin hizam tentang infak di Jalan Allah Swt |
|
Disajikan hadis riwayat bukhari muslim dari hakim bin hijam, peserta didik dapat menjelaskan makna kandungan hadis dengan tepat |
C2 |
PG |
40 |
|
|
Siswa dapat Memahami ketentuan hukum-hukum bacaan Mad Iwad, Mad Layyin dan Mad aridh Lissukun |
|
Disajikan pertanyaan, siswa dapat menjelaskan pengertian dan contoh mad iwad, mad arid, mad layyin dengan tepat. |
C2 |
essay |
1-3 |
|
|
Siswa dapat memahami ketentuan infak sedekah |
|
Disajikan pertanyaan, siswa dapat menjelaskan perbedaa infak dan sedekah dengan tepat. |
C2 |
essay |
4 |
|
|
|
|
Disajikan pertanyaan, siswa dapat menjelaskan syarat barang yg di infakan dengan tepat. |
C2 |
essay |
5 |
|
|
|
|
Disajikan pertanyaan, siswa dapat menjelaskan syarat-syarat munfiq dengan tepat. |
C2 |
essay |
6 |
|
|
|
|
Disajikan H.R Bukari dari Hizam, siswa dapat menganalisis makna nya dengan tepat. |
C4 |
essay |
7 |
|
|
|
|
Disajikan pertanyaan, siswa dapat menjelaskan rukun infaq serta penerapannya dengan tepat. |
C2 |
essay |
8 |
|
|
|
|
Disajikan pertanyaan, Siswa dapat menjelaskan dampak infak bagi lingkungan sosial |
C2 |
Essay |
9 |
|
|
|
|
Disajikan H.R Bukhari Muslim dari Abu Hurairah, Siswa dapat menganalisis kandungannya dengan tepat. |
C4 |
essay |
10 |