RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendididkan : MTsN 4 Trenggalek
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadis
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Materi Pokok : Jujur dalam muamalah
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (Pertemuan 4)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pembelajaran lewat group whatsapp dan elearning madrasah, peserta didik dapat: 1. Mengidentifikasi isi kandungan Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 tentang jujur dalam muamalah. 2. Menjelaskan isi kandungan Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 tentang jujur dalam muamalah. 3. Menyimpulkan isi kandungan Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 tentang jujur dalam muamalah. 4. Merangkum isi kandungan Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 tentang jujur dalam muamalah |
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Pendahuluan |
1. Guru menyapa peserta didik lewat WAG dengan ucapan salam (PPK religius)2. Peserta didik diingatkan untuk mengucapkan do’a/membaca basmalah sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran (PPK religius) 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui WAG 4. Guru memberikan motivasi tentang pentingnya mengikuti pembelajaran daring 5. Peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran lewat elearning madrasah |
Inti |
1. Peserta didik login di mtsn4trenggalek.sytes.net:8094 dan mengisi daftar hadir2. Peserta didik mendownload materi pembelajaran yang telah diunggah guru di e-learing (creative)3. Peserta didik membaca/mempelajari materi yang telah didownload (literasi)4. Peserta didik menuliskan pertanyaan/pernyataan seputar materi di Timeline Kelas (critical thinking) |
Penutup |
1. Guru memberikan tanggapan di Timeline Kelas2. Guru memberikan tugas tindak lanjut kepada peserta didik untuk resume materi yang sudah dipelajari (creative)3. Guru bersama-sama peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan ucapan salam (PPK religius) |
C. PENILAIAN
Penilaian sikap |
Observasi (ketertiban mengisi daftar hadir)Penilaian diri dan antar teman (kebiasaan berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran) |
Penilaian pengetahuan |
Tes tulis (soal pilhan ganda) |
Penilaian keterampilan |
Keterampilan menyampaikan pertanyaan/pernyataan secara onlineKeterampilan dalam membuat resume materi |
MengetahuiKepala MTsN 4 TrenggalekDrs. H. Agung Wiyoto, M.M.PdNIP. 196309271988031010 |
Trenggalek, 12 Juli 2021Guru Mata PelajaranNanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.INIP. 197102272007101001 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendididkan : MTsN 4 Trenggalek
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadis
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Materi Pokok : Jujur dalam muamalah
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (Pertemuan 5)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pembelajaran daring lewat group whatsapp dan elearning madrasah, peserta didik dapat mendemonstrasikan bacaan/hafalan Q.S. al-Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 |
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Pendahuluan |
1. Guru menyapa peserta didik lewat WAG dengan ucapan salam (PPK religius)2. Peserta didik diingatkan untuk mengucapkan do’a/membaca basmalah sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran (PPK religius) 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui WAG |
Inti |
1. Guru membacakan Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 lewat WAG2. Peserta didik menyimak bacaan guru lewat WAG3. Peserta didik membaca Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 (literasi)4. Guru menunjuk beberapa siswa untuk memperdengarkan bacaan lewat WAG5. Peserta didik lain memberikan komentar (critical thinking)6. Peserta didik merekam bacaan/hafalannya dan mengirimkannya lewat WAG (creative)7. Guru memberikan penguatan/masukan terhadap bacaan/hafalan peserta didik |
Penutup |
1. Guru memberikan tugas tindak lanjut kepada peserta didik untuk membaca/menghafalkembali Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 (literasi)2. Guru bersama-sama peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan ucapan salam (PPK religius) |
C. PENILAIAN
Penilaian sikap |
Observasi (ketertiban mengisi daftar hadir)Penilaian diri (kesungguhan dalam menghafal) |
|
Penilaian pengetahuan |
- |
|
Penilaian keterampilan |
Praktik membaca/menghafal Q.S. al-Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 |
|
MengetahuiKepala MTsN 4 TrenggalekDrs. H. Agung Wiyoto, M.M.PdNIP. 196309271988031010 |
Trenggalek, 12 Juli 2021Guru Mata PelajaranNanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.INIP. 197102272007101001 |
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendididkan : MTsN 4 Trenggalek
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadis
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Materi Pokok : Jujur dalam muamalah
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (Pertemuan 6)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pembelajaran daring lewat group whatsapp dan elearning madrasah, peserta didik dapat mengomunikasikan keterkaitan hasil analisis dampak positif jujur dalam muamalah sesuai pemahaman Q.S. al-Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 dengan fenomena sosial |
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Pendahuluan |
1. Guru menyapa peserta didik lewat WAG dengan ucapan salam (PPK religius)2. Peserta didik diingatkan untuk mengucapkan do’a/membaca basmalah sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran (PPK religius) 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui WAG 4. Appersepsi |
Inti |
1. Guru memberikan pokok-pokok materi isi kandungan Q.S. al-Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 melalui elearning mtsn4trenggalek.sytes.net:80942. Peserta didik membaca pokok-pokok materi tersebut (literasi)3. Peserta didik berdiskusi secara online tentang pokok-pokok materi (collaborative)4. Peserta didik menyampaikan jawaban/tanggapan di Timeline Kelas (critical thinking)5. Guru memberikan penguatan terhadap jawaban/tanggapan peserta didik |
Penutup |
1. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat resume materi isi kandungan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 tentang jujur dalam muamalah (creative)5. Guru bersama-sama peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan ucapan salam (PPK religius) |
C. PENILAIAN
Penilaian sikap |
Observasi (ketertiban mengisi daftar dan memberikan pertanyaan/tanggapan dalam diskusi online) |
|
Penilaian pengetahuan |
- |
|
Penilaian keterampilan |
Keterampilan dalam membuat resume materi |
|
MengetahuiKepala MTsN 4 TrenggalekDrs. H. Agung Wiyoto, M.M.PdNIP. 196309271988031010 |
Trenggalek, 12 Juli 2020Guru Mata PelajaranNanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.INIP. 197102272007101001 |
|