PEMBAGIAN PEKAN SEMESTER GASAL
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Satuan Pendidikan : MTsN 4 Trenggalek
Kelas : IX (Sembilan)
Tahun Pelajaran : 2021/2022
A. Perhitungan Alokasi Waktu
1. Banyaknya pekan dalam semester
No. |
Nama Bulan |
Banyaknya Pekan |
Pekan Efektif |
Pekan Tidak Efektif |
Keterangan |
1. 2. 3. 4. 5. 6. |
Juli Agustus September Oktober Nopember Desember |
5 4 5 4 4 5 |
3 4 5 4 4 3 |
2 0 0 0 0 2 |
LS 2 TP 2020/2021 Libur hari raya
LS 1 TP 2021/2022 |
|
J u m l a h |
27 |
23 |
4 |
|
2. Banyaknya Jam Pelajaran Efektif
23 Pekan x 2 Jam Pelajaran = 46 Jam Pelajaran
A. Distribusi Alokasi Waktu
1. Kompetensi Inti (KI 1):
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya .
2. Kompetensi Inti (KI 2):
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Kompetensi Inti (KI 3):
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Kompetensi Inti (KI 4):
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
No. |
Kompetensi Dasar dan Indikator |
Alokasi Waktu |
|
|
1.
|
3.1. Memahami ketentuan hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, mad lazim mutsaqqal harfi, dan mad lazim mukhaffaf harfi 3.1.1. Menjelaskan ketentuan hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, mad lazim mutsaqqal harfi, dan mad lazim mukhaffaf harfi 3.1.2. Mendiskusikan hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, mad lazim mutsaqqal harfi, dan mad lazim mukhaffaf harfi 3.1.3. Mengidentifikasi hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, mad lazim mutsaqqal harfi, dan mad lazim mukhaffaf harfi 3.1.4. Menyimpulkan cara membaca hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, mad lazim mutsaqqal harfi, dan mad lazim mukhaffaf harfi 3.1.5. Merangkum ketentuan hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, mad lazim mutsaqqal harfi, dan mad lazim mukhaffaf harfi Mempraktikkan hukum bacaan mad silah, mad badal, mad tamkin dan mad farqi dalam QS al Qari’ah dan QS az Zalzalah dan pada surah-surah pendek pilihan |
6 jp
|
|
|
|
|
|
||
2.
|
4.1. Mempraktikkan hukum bacaaan mad lazim mukhaffaf kilmi, mad lazim mutsaqal kilmi, mad lazim mukhaffaf harfi, dan mad lazim mutsaqal harfi dalam Al Qur’an 4.1.1 Mendemonstrasikan bacaaan mad lazim mukhaffaf kilmi, mad lazim mutsaqal kilmi, mad lazim mukhaffaf harfi, dan mad lazim mutsaqal harfi dalam Al Qur’an |
2 jp |
|
|
3.
|
3.2. Memahami isi kandungan Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 tentang jujur dalam muamalah 3.2.1. Mengidentifikasi isi kandungan Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 tentang jujur dalam muamalah 3.2.2. Menjelaskan isi kandungan Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 tentang jujur dalam muamalah 3.2.3. Mendiskusikan isi kandungan Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 tentang jujur dalam muamalah 3.2.4. Menyimpulkan isi kandungan Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 tentang jujur dalam muamalah 3.2.5. Merangkum isi kandungan Q.S. al- Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 tentang jujur dalam muamalah |
8 jp
|
|
|
4.
|
4.2.1. Mendemonstrasikan hafalan QS al Muthaffifin (83): 1-17, QS al An’am (6): 152 4.2.2. Mengomunikasikan keterkaitan hasil analisis dampak positif jujur dalam muamalah sesuaipemahaman QS al Muthaffifin (83): 1-17, QS al An’am (6): 152 dengan fenomena sosial |
2 jp 2 jp |
|
|
5.
|
3.3. Menganalisis isi kandungan hadis riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَامَعْشَرَ اْلتُجَّاراِنَّكُمْ قَدْ وَلَّيْتُمْ اَمْرًاهَلَكَتْ فِيْهِ اْلاُمَمُ السَائِقُةُ اْلمِكْيَالُ وَاْلمِيْزَانُ (رواه البيهاقى) dan hadits riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali عَنْ حَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ قَالَ حَفِظْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَعْ مَايَرِيْبُكَ اِلَى مَا لَايَرِيْبُكَ فَاِنَّ اْلصِدْقَ طُمَأْنِيْنَةٌ وَاِنَّ اْلكَذِبَ رِيْبَةٌ (رواه الترمذى) tentang jujur dalam muamalah 3.3.1 Mengidentifikasi isi kandungan hadist riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَامَعْشَرَ اْلتُجَّاراِنَّكُمْ قَدْ وَلَّيْتُمْ اَمْرًاهَلَكَتْ فِيْهِ اْلاُمَمُ السَائِقُةُ اْلمِكْيَالُ وَاْلمِيْزَانُ (رواه البيهاقى) dan hadits riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali عَنْ حَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ قَالَ حَفِظْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَعْ مَايَرِيْبُكَ اِلَى مَا لَايَرِيْبُكَ فَاِنَّ اْلصِدْقَ طُمَأْنِيْنَةٌ وَاِنَّ اْلكَذِبَ رِيْبَةٌ (رواه الترمذى) tentang jujur dalam muamalah. 3.3.2 Menyimpulkan isi kandungan hadis riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَامَعْشَرَ اْلتُجَّاراِنَّكُمْ قَدْ وَلَّيْتُمْ اَمْرًاهَلَكَتْ فِيْهِ اْلاُمَمُ السَائِقُةُ اْلمِكْيَالُ وَاْلمِيْزَانُ (رواه البيهاقى) dan hadits riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali عَنْ حَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ قَالَ حَفِظْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَعْ مَايَرِيْبُكَ اِلَى مَا لَايَرِيْبُكَ فَاِنَّ اْلصِدْقَ طُمَأْنِيْنَةٌ وَاِنَّ اْلكَذِبَ رِيْبَةٌ (رواه الترمذى) tentang jujur dalam muamalah. 3.3.3 Merangkum isi kandungan hadis riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَامَعْشَرَ اْلتُجَّاراِنَّكُمْ قَدْ وَلَّيْتُمْ اَمْرًاهَلَكَتْ فِيْهِ اْلاُمَمُ السَائِقُةُ اْلمِكْيَالُ وَاْلمِيْزَانُ (رواه البيهاقى) dan hadits riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali عَنْ حَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ قَالَ حَفِظْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَعْ مَايَرِيْبُكَ اِلَى مَا لَايَرِيْبُكَ فَاِنَّ اْلصِدْقَ طُمَأْنِيْنَةٌ وَاِنَّ اْلكَذِبَ رِيْبَةٌ (رواه الترمذى) tentang jujur dalam muamalah. |
8 jp
|
|
|
6. |
4.3. Mengomunikasikan hasil analisis hadis riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas dan hadis riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali tentang jujur dalam muamalah 4.3.1. Membuat teks pidato tentang isi kandungan hadis riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas dan hadis riwayat Tirmidzi dari Hasan bin Ali tentang jujur dalam muamalah |
2 jp |
|
|
|
Penilaian Harian Penilaian Tengah Semester Penilaian Akhir Semester Cadangan |
6 jp 2 jp 2 jp 6 jp |
|
|
|
J u m l a h |
46 JP |
|
|
|
Mengetahui Kepala MTsN 4 Trenggalek
Drs. H. Agung Wiyoto, M.M.Pd NIP. 196309271988031010
|
Trenggalek, 12 Juli 2021 Guru Mata Pelajaran
Nanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.I NIP. 197102272007101001 |
||