PEMBAGIAN PEKAN SEMESTER GANJIL
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Satuan Pendidikan : MTsN 4 Trenggalek
Kelas : VIII (Delapan)
Tahun Pelajaran : 2021/2022
A. Perhitungan Alokasi Waktu
1. Banyaknya pekan dalam semester
No. |
Nama Bulan |
Banyaknya Pekan |
Pekan Efektif |
Pekan Tidak Efektif |
Keterangan |
1. 2. 3. 4. 5. 6. |
Juli Agustus September Oktober Nopember Desember |
5 4 5 4 4 5 |
3 4 5 4 4 3 |
2 0 0 0 0 2 |
LS 2 TP2020/2021 Libur hari raya
LS 1 TP 2021/2022 |
|
J u m l a h |
27 |
23 |
4 |
|
2. Banyaknya Jam Pelajaran Efektif
23 Pekan x 2 Jam Pelajaran = 46 Jam Pelajaran
B. Distribusi Alokasi Waktu
1. Kompetensi Inti (KI 1):
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Kompetensi Inti (KI 2):
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Kompetensi Inti (KI 3):
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Kompetensi Inti (KI 4):
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
No. |
Kompetensi Dasar dan Indikator |
Alokasi Waktu |
1. |
3.1. Memahami ketentuan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layyin dan mad ‘aridl lissukun 3.1.1. Menjelaskan ketentuan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layyin dan mad ‘aridl lissukun 3.1.2. Mendiskusikan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layyin dan mad ‘aridl lissukun 3.1.3. Mengidentifikasi hukum bacaan mad ‘iwad, mad layyin dan mad ‘aridl lissukun 3.1.4. Menyimpulkan cara membaca hukum bacaan mad ‘iwad, mad layyin dan mad ‘aridl lissukun 3.1.5. Merangkum ketentuan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layyin dan mad ‘aridl lissukun |
6 jp |
2. |
4.1. Mempraktikkan hukum bacaaan mad ‘iwad, mad layyin dan mad ‘aridl lissukun dalam Al Qur’an surah pendek pilihan 4.1.1 Mendemonstrasikan bacaaan mad ‘iwad, mad layyin dan mad ‘aridl lissukun dalam Al Qur’an surah pendek pilihan |
2 jp |
1. |
3.2. Menganalisis isi kandungan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 tentang infaq di jalan Allah SWT 3.2.1. Mengidentifikasi isi kandungan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 tentang infaq di jalan Allah SWT 3.2.2. Menjelaskan isi kandungan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 tentang infaq di jalan Allah SWT 3.2.3. Mendiskusikan isi kandungan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 tentang infaq di jalan Allah SWT 3.2.4. Menyimpulkan isi kandungan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 tentang infaq di jalan Allah SWT 3.2.5. Merangkum isi kandungan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 tentang infaq di jalan Allah SWT |
8 jp |
2. |
4.2.1. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 4.2.2. Menyimpulkan keterkaitan kandungan Q.S. al Fajr (89): 15-18, QS al Baqarah (2): 254 dan 261 dengan fenomena sosial tentang infaq dan sedekah dan menyajikannya dalam bentuk lisan atau tulisan |
2 jp
2 jp |
3. |
3.3. Menganalisis isi kandungan hadis riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ،قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَا مِنْ يَوْمِ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا : اَللَّهُمِّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفَا، وَيَقُوْلُ الآْخَرُ : اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفَا (متفق عليه) dan hadits riwayat Bukhari dari Hakim bin Hizam عَنْ حَكِيْمِ بْنِ حِزَامٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اَلْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُوْلُ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِ غِنًى، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ (رواه البخارى) tentang infaq di jalan Allah SWT 3.3.1. Mengidentifikasi isi kandungan hadist riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ،قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَا مِنْ يَوْمِ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا : اَللَّهُمِّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفَا، وَيَقُوْلُ الآْخَرُ : اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفَا (متفق عليه) dan hadits riwayat Bukhari dari Hakim bin Hizam عَنْ حَكِيْمِ بْنِ حِزَامٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اَلْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُوْلُ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِ غِنًى، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ (رواه البخارى) tentang infaq di jalan Allah SWT 3.3.2. Menyimpulkan isi kandungan hadis riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ،قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَا مِنْ يَوْمِ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا : اَللَّهُمِّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفَا، وَيَقُوْلُ الآْخَرُ : اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفَا (متفق عليه) dan hadits riwayat Bukhari dari Hakim bin Hizam عَنْ حَكِيْمِ بْنِ حِزَامٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اَلْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُوْلُ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِ غِنًى، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ (رواه البخارى) tentang infaq di jalan Allah SWT 3.3.3. Merangkum isi kandungan hadis riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ،قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَا مِنْ يَوْمِ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا : اَللَّهُمِّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفَا، وَيَقُوْلُ الآْخَرُ : اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفَا (متفق عليه) dan hadits riwayat Bukhari dari Hakim bin Hizam عَنْ حَكِيْمِ بْنِ حِزَامٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اَلْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُوْلُ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِ غِنًى، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ (رواه البخارى) tentang infaq di jalan Allah SWT |
8 jp |
|
4.3. Menyajikan hasil analisis tentang keutamaan orang yang berinfaq sesuai pemahaman hadits riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah dan hadits riwayat Bukhari dari Hakim bin Hizam 4.3.1. Membuat teks pidato tentang isi kandungan hadis riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah dan hadits riwayat Bukhari dari Hakim bin Hizam tentang infaq di jalan Allah |
2 jp |
|
Penilaian Harian Penilaian Tengah Semester Penilaian Akhir Semester Cadangan |
6 jp 2 jp 2 jp 6 jp |
|
Jumlah |
46 jp |
|
Mengetahui Kepala MTsN 4 Trenggalek
Drs. H. Agung Wiyoto, M.M.PdNIP. 196309271988031010 |
Trenggalek, 12 Juli 2021 Guru Mata Pelajaran
Nanang Musafa’, S.Ag, M.Pd.I NIP. 197102272007101001 |
||
|
|
|
||
|
|